Home / Kesehatan / Bebaskan Panwascam dan Panwasdes dari Covid, Bawaslu Gelar Rapid Test

Bebaskan Panwascam dan Panwasdes dari Covid, Bawaslu Gelar Rapid Test

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (28/6/2020)

Pencegahan penyebaran covid-19 menjadi tanggung jawab bersama, termasuk ketika melaksanakan kegiatan tahapan Pilkada Sumbawa 2020. Inilah yang dilakukan jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa. Selain pimpinan Bawaslu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Desa (Panwasdes) juga diwajibkan untuk melaksanakan rapid test Covid-19. Tes cepat yang dilakukan kepada petugas tersebut di 24 kecamatan ini untuk memastikan pengawas pemilu bebas dari Covid-19 sebelum melaksanakan pengawasan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Koordinator SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Lukman Hakim, S.Sos, M.Si dalam keterangan persnya belum lama ini, menyebutkan bahwa rapid test untuk jajarannya ini merupakan perintah Bawaslu RI. Perintah ini agar seluruh pengawas bebas dari covid. Rapid test itu dilakukan secara bertahap di 24 kecamatan, yang telah dimulai sejak Sabtu (27/6/2020). “Karena keterbatasan alat rapid test, kegiatan ini dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Jika hasil rapid test reaktif, lanjut Lukman, akan ditindaklanjuti dengan pengambilan swab, dan diwajibkan melakukan isolasi mandiri. Dan ketika hasil swabnya positif Covid-19, penanganannya akan diserahkan kepada Gugus Tugas Kabupaten Sumbawa. (SR)

Lihat Juga

KPU Sumbawa Bentuk PPDP untuk Pemuktahiran Data Pemilih

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/7/2020) Salah satu tahapan penting dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *