Home / Kesehatan / DPRD Lombok Timur Belajar ke Sumbawa Cara Pencegahan Penyebaran Covid

DPRD Lombok Timur Belajar ke Sumbawa Cara Pencegahan Penyebaran Covid

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26/6/2020)

Kabupaten Sumbawa dinilai sebagai daerah yang berhasil menangani penularan dan pencegahan Covid-19. Inilah yang menjadi alasan Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Lombok Timur melakukan kunjungan kerja sekaligus belajar mengenai strategi pencegahan Covid. Kehadiran wakil rakyat dari Lombok Timur, Jumat (26/6/2020) disambut hangat Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah di Ruang H. Madelaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan rasa bangga dan terhormat, Sumbawa menjadi tujuan kunjungan DPRD Kabupaten Lombok Timur, terkait strategi daerah ini menangani penularan dan pencegahan Covid-19. “Selamat datang kepada bapak/ibu pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur,” ucapnya.

Disampaikan Wabup, terkait penanganan pandemi covid-19 di Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Gugus Tugas penanganan Covid-19, tengah bekerja keras menekan laju penyebarannya. Kuncinya adalah kerjasama semua pihak. Karena berkat  kerjasama yang sinergis, progres penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa kian membaik, dari 41 pasien positif, tercatat sebanyak 34 orang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan. “1 orang meninggal dunia, dan 6 orang sisanya saat ini masih dirawat, 3 di antaranya dirawat di RSUD Sumbawa, dan 3 lainnya dirawat di luar Kabupaten Sumbawa, yakni di Rumah Sakit Selong dan Rumah Sakit Mataram,” beber Wakil Bupati yang akrab disapa Haji Mo ini.

Selain menerapkan physical distancing atau menjaga jarak fisik, ungkap Wabup, tim Gugus juga melakukan sosialisasi dan edukasi memakai masker kepada masyarakat, melakukan penjagaan dan pengawasan pintu masuk daerah, memperkuat ketahanan tubuh masyarakat, memperkuat kapasistas sistem kesehatan. Yang tidak kalah penting yakni menangani dampak sosial dan ekonomi yang terjadi akibat pandemi. Di akhir sambutannya, Wabup berharap kunjungan kerja Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Lombok Timur beserta rombongannya, menjadi bagian dari upaya menyatukan gerak langkah, dalam menanggulangi pandemi Covid-19 di Nusa Tenggara Barat secara bersama-sama.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Lombok Timur, H. Lalu Hasan Rahman menyampaikan bahwa, DPRD Lombok Timur menjadikan Kabupaten Sumbawa sebagai daerah tujuan kunjungan kerja terkait strategi penanganan Covid-19, karena dianggap telah berhasil dalam melakukan pencegahan dan penanganan penularan Covid-19. “Kami berharap bisa mendapatkan strategi dan mengadopsi langkah-langkah yang telah dan sedang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa, terkait penanganan dan pencegahan Covid-19, karena kami menganggap Sumbawa merupakan salah satu daerah yang berhasil dalam pencegahan penularan Covid-19 di NTB,” ujarnya. (SR)

Lihat Juga

TAGANA Berbagi, 100 Warga Miskin dan Kaum Difabel Dapat Sembako

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/7/2020) Ternyata masih banyak warga miskin dan kaum difabel di Kabupaten Sumbawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *