Home / Pendidikan / Petinang Cerdas Bersensor, Hanya Lambaikan Tangan Air Keluar

Petinang Cerdas Bersensor, Hanya Lambaikan Tangan Air Keluar

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (24/6/2020)

Sekolah Menengah Kejuruan di NTB terus berinovasi di masa pandemic Covid. Banyak muncul temuan baru dan hasil karya yang cukup mengejutkan. Mulai dari pembuatan motor listrik, mobil listrik dan lainnya. Kini muncul temuan baru dari SMK Negeri 2 Sumbawa Besar. Dalam rangka menghadapi kenormalan baru (New Normal), sekolah kejuruan favorit tersebut berhasil membuat alat pencuci tangan otomatis. Namanya Petinang Pintar atau Petinang Cerdas. Pembuatan alat pencuci tangan otomatis berbasis kearifan lokal ini memadukan unsur teknologi modern dengan unsur budaya lokal. Untuk mencuci tangan menggunakan petinang pintar, siswa maupun guru di sekolah tersebut tidak perlu menyentuhnya. Cukup dengan melambaikan tangan pada sensor, maka sabun maupun air akan keluar dengan sendirinya.

Kepala SMKN 2 Sumbawa sekaligus Penemu Petinang Cerdas, Khairuddin M.Pd, Selasa (23/6) mengaku pihaknya telah mencoba mengembangkan alat sederhana, yakni alat cuci tangan berbasis kearifan lokal untuk menghadapi new normal. “Kami namakan petinang pintar atau petinang cerdas,” kata Khaeruddin.

Dengan petinang pintar ini, siswa dan guru tidak perlu bersentuhan langsung dengan alat tersebut. Ini sebagai pihak sekolah dapat meminimalisir penularan covid-19. “Tinggal lambaikan tangan di alat sensor, air dan sabun keluar dengan sendiri,” pungkas Khairuddin singkat. (JEN/SR)

Lihat Juga

Resmikan Peternakan Bebek, Rektor UTS Beberkan Industri Lain di Olat Maras

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26/6/2020) PT Olat Maras Teknologi (OMT) yang merupakan perusahaan di bawah naungan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *