Home / Kesehatan / Kasus Baru Positif Covid di NTB Muncul di Tiga Daerah “New Normal”

Kasus Baru Positif Covid di NTB Muncul di Tiga Daerah “New Normal”

MATARAM, samawarea.com (5/6/2020)

Meski telah menerapkan new normal karena dinyatakan sebagai daerah zona hijau, namun kasus Covid di Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu, tetap muncul. Berdasarkan hasil pemeriksaan 495 sampel oleh Laboratorium PCR RSUD Provinsi NTB, Laboratroium PCR RS Unram, Laboratorium PCR Genetik Sumbawa Technopark, dan Laboratorium TCM RSUD H.L. Manambai Abdulkadir, Jumat (5/6/2020) malam ini,  terungkap 41 sampel kasus baru positif Covid-19. Dari jumlah ini, 7 di antaranya tersebar di tiga daerah “New Normal” tersebut. Adalah Pasien nomor 765, an. Ny. N, perempuan, usia 36 tahun, penduduk Kelurahan Penatoi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima. Pasien nomor 768, an. Ny. EK, perempuan, usia 33 tahun, penduduk Desa Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Pasien nomor 779, an. Ny. A, perempuan, usia 23 tahun, penduduk Desa Tembalae, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. Pasien nomor 780, an. Ny. A, perempuan, usia 52 tahun, penduduk Desa Malaju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu. Pasien nomor 781, an. Ny. FS, perempuan, usia 28 tahun, penduduk Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. Pasien nomor 782, an. Ny. FS, perempuan, usia 37 tahun, penduduk Desa Kandai 2, Kecamatan Wajo, Kabupaten Dompu. Pasien nomor 783, an. K, perempuan, usia 9 tahun, penduduk Desa Tembalae, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu.

Sekretaris Daerah selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si dalam keterangan persnya, mengakui bahwa Jumat (5/6/2020) malam ini, tercatat 41 kasus baru positif Covid. Dari jumlah ini 8 di antaranya berada di Pulau Sumbawa, 43 lainnya di Pulau Lombok. Untuk 8 di Pulau Sumbawa, 7 berada di tiga kabupaten/kota yang sudah menerapkan New Normal yaitu 1 di Kabupaten Bima, 1 Kota Bima dan 5 dari Kabupaten Dompu. Sedangkan 1 orang lagi beralamat di Kabupaten Sumbawa.

Selain adanya 41 kasus baru Covid, pada hari yang sama terdapat 1 pasien Covid yang meninggal dunia dan 12 orang sembuh dari Covid. Hingga 5 Juni 2020, total positif Covid di NTB mencapai 798 orang. Rinciannya 335 orang sudah sembuh, 22 meninggal dunia, 441 orang masih positif dan dalam perawatan medis.

Sebelumnya Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah M.Sc menyebutkan ada tiga daerah di NTB yang sudah melaksanakan New Normal. Yaitu Kabupaten Bima, Kota Bima dan Dompu. Suatu daerah yang menerapkan new normal, menurut Gubernur, bukan berarti tidak ada yang positif covid. Tetapi dengan new normal ini ketika ada masalah dengan Covid-19, tidak panik, karena fasilitas sudah memadai dan tenaga kesehatan yang sangat siap. (SR)

Lihat Juga

KPU Sumbawa Bentuk PPDP untuk Pemuktahiran Data Pemilih

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/7/2020) Salah satu tahapan penting dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *