Home / Kesehatan / Semua Pegawai Puskesmas Brang Rea KSB di-Rapid Test

Semua Pegawai Puskesmas Brang Rea KSB di-Rapid Test

SUMBAWA BARAT, samawarea.com ( 3/6/2020)

Kepala Puskesmas Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat dinyatakan positif covid-19, Senin (1/6) kemarin. Untuk mempersempit peluang penyebaran virus ini, semua pegawai puskesmas setempat di-rapid test.

Ditemui samawarea.com, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 KSB, H. Tuwuh S.AP mengatakan pasca dirilisnya hasil swab bahwa dua warga KSB salah satunya Kepala Puskesmas Brang Rea dinyatakan positif, Gugus Tugas mengambil langkah antisipasi. Sesuai prosedur standar kesehatan diputuskan semua pegawai puskesmas tersebut dilakukan tes cepat (Rapid Test). “Tidak terkecuali, baik pegawai yang kontak langsung maupun yang tidak, semua dirapid test,” tegasnya.

Langkah ini diambil, ungkap Tuwuh, untuk menghilangkan kecemasan masyarakat yang datang dan membutuhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Brang Rea. “Kalau hanya dilakukan tracing contact pasti akan ada keraguan dari masyarakat untuk berobat ke Puskesmas. Tapi kalau seluruh pegawainya disterilkan dan puskesmasnya kita semprot, pasti masyarakat akan merasa nyaman dan tidak was-was datang ke Puskesmas. Ini bentuk keseriusan kami dari Gugus Tugas dalam melawan Corona dan berusaha sekeras mungkin menutup kemungkinan sekecil apapun,” ujarnya.

Meski dirapid test semua, ungkap Tuwuh, namun tidak semua pegawai diisolasi. Hanya yang kontak langsung dengan kepala puskesmas yang diisolasi, sedangkan yang tidak masih bisa bekerja seperti biasa. Mengingat sebagian besar pegawai Puskesmas Brang Rea diisolasi, lanjut Tuwuh, akan berupaya untuk menutupi kekurangan pegawai. “Kami akan cari di puskesmas lain yang pegawainya mencukupi. Intinya bahwa pelayanan di puskesmas harus tetap berjalan melayani masyarakat, sampai saat ini belum ada opsi untuk melakukan penutupan pelayanan di Puskesmas Brang Rea,” imbuhnya.

Mengenai kondisi Kepala Puskesmas Brang Rea setelah dinyatakan positif, Tuwuh mengaku dalam kondisi baik. Dia sangat paham prosedur protokol kesehatan Covid. Sejak dilakukan tracing contact beberapa waktu lalu, kepala puskesmas itu sudah melakukan isolasi mandiri dan tidak pernah masuk kerja lagi. (HEN/SR)

Lihat Juga

Johan Minta Pemerintah Segera Buat UPT Kerbau di Sumbawa

JAKARTA, samawarea.com (29/62020) Anggota Komisi IV DPR RI, H Johan Rosihan ST meminta pemerintah untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *