Home / Ekonomi / Desa Muer Bakal Punya Bendungan

Desa Muer Bakal Punya Bendungan

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/6/2020)

Panen sekali setahun dan terjadi kekeringan di musim kemarau menjadi pemandangan biasa bagi petani di Desa Muer Kecamatan Plampang dan sekitarnya. Sepertinya kondisi itu tidak bertahan lama, karena muncul secercah harapan dengan rencana pembangunan embung di wilayah setempat. Rencana itu diungkapkan Kepala Balai PSDA PUPR Provinsi NTB untuk Pulau Sumbawa, Med Majarungi ST., MT Kepada Wartawan Samawarea Biro Sumbawa Timur, belum lama ini.

Pembangunan infrastruktur tunggal dan mantap dengan membangun embung-embung rakyat dan cekdam ini merupakan program inti pemerintahan Zul—Rohmi. Pasalnya, Pulau Sumbawa merupakan daerah bercuaca tropis sehingga harus dijamin kesediaan air irigasi untuk mendukung kelangsungan musim tanam kedua dan ketiga. “Embung sebagai salah satu cara mengatasi kekurangan air di musim kemarau. Ini menjadi sumberdaya dan faktor determinan yang menentukan kinerja sektor pertanian. Karena tidak ada satupun tanaman pertanian yang tidak memerlukan air. Air juga menjadi sahabat petani bahkan berubah menjadi penyebab bencana bagi petani. Indikatornya, di musim kemarau sawah sering kekeringan dan sebaliknya di musim hujan banyak yang terendam air,” paparnya, seraya menambahkan bahwa embung menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan untuk menampung air dari mata air dan kelebihan air hujan di musim hujan. (BUR/SR)

Lihat Juga

Menghadapi New Normal Tempat Wisata di KSB Mulai Dibuka dari Mantar

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (26/6/2020) Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) resmi membuka pariwisatanya. Ini dimulai ...

One comment

  1. Bani irawansyah

    Tolong diperbaiki redaksi bahasanya pak media..

    Desa muer, kecamatan maronge dan sekitarnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *