Home / Ekonomi / 24 Desa di Sumbawa Belum Salurkan BLT-DD
Kadis PMD Sumbawa, Varian Bintoro S.Sos

24 Desa di Sumbawa Belum Salurkan BLT-DD

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PMD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (1/6/2020)

Hingga kini dari 157 desa di Kabupaten Sumbawa, 24 desa di antaranya belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) dalam upaya membantu masyarakatnya di tengah pandemic Covid-19 ini. Padahal saat ini sudah memasuki penyaluran triwulan kedua. Sebab seharusnya BLT—DD ini dijadwalkan penyaluran selama tiga bulan sejak April 2020 kemarin dan berakhir Juni 2020. Dengan besaran per KK Rp 600 ribu setiap bulannya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro S.Sos yang dikonfirmasi, Senin (1/6/2020) mengakui 24 desa belum menyalurkan BLT—DD. Sejumlah desa ini tersebar di 9 Kecamatan. Yaitu Desa Kakiang Kecamatan Moyo Hilir. Desa Sempe dan Maman Kecamatan Moyo Hulu. Desa Lebin, Lebangkar, Ropang, Lawin, dan Ranan Kecamatan Ropang. Desa Hijrah Kecamatan Lape, dan Desa Boal Kecamatan Empang. Kemudian Desa Labuhan Sumbawa, Sebotok dan Bajo Medang Kecamatan Badas. Desa Kerekeh, Boak, Jorok, Pungka, Uma Beringin dan Desa Nijang Kecamatan Untir Iwes. Desa Pungkit, Lopok dan Lopok Beru Kecamatan Lopok. Serta Desa Mungkin dan Sebeok Kecamatan Orong Telu.

Belum dicairkannya BLT–DD ini kata Varian, karena ada beberapa masalah. Di antaranya, masih belum menetapkan Perkades BLT. Selain itu belum menetapkan APBDes Perubahan sebagai dasar pelaksanaan Belanja Tak Terduga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Dari informasi yang diperoleh ungkap Varian—akrab kadis milenial ini disapa, Desa Labuhan akan menyalurkan BLT-DD, Selasa atau Rabu besok. Selain 24 desa tersebut, semua desa lainnya sudah menyalurkan BLT-DD. Bahkan ada yang sudah tahap kedua. Penyaluran BLT-DD ini ungkap Varian, bisa dilakukan secara bertahap per satu bulan, atau sekaligus dua bulan, tergantung dari kondisi anggaran desa. Asalkan penyaluran BLT ini tidak melewati Bulan Juni sebagai akhir dari penyaluran BLT-DD tahap III. “Intinya percepat penyaluran, tepat sasaran dan tidak mengurangi jumlah yang ditetapkan pemerintah,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Seminggu Hilang di Hutan Matemega, Pria ini Ditemukan di Batu Besar

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (2/7/2020) Seorang warga Dusun Panua Desa Juranalas bernama Usman sempat menghilang selama ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *