Home / HukumKriminal / Basmi Kejahatan Cepat dan Tepat, Polda NTB Bentuk Tim PUMA

Basmi Kejahatan Cepat dan Tepat, Polda NTB Bentuk Tim PUMA

MATARAM, samawarea.com (30/5/2020)

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad IQbal SIK, MH melaunching pembentukan “Tim Puma” di Halaman Gedung Command Centre Polda NTB, Jumat (29/5/2020). Tim Puma ini dibebankan tugas untuk menanggulangi segala bentuk tindak pidana seperti ancaman teror bom, perampokan, curat, curas, curanmor, premanisme, penyandraan, perjudian, pembajakan dan pembunuhan. Dibentuknya Tim Puma Polda NTB ini karena ancaman gangguan Kamtibmas meningkat seiring dengan kemajuan dan perkembangan berbagai bidang di wilayah Provinsi NTB yang begitu pesat. Untuk mendukung kelancaran tugas Tim Puma Polda NTB ini para anggota dilengkapi dengan berbagai peralatan pendukung. Yaitu helm, rompi, borgol, senter, kamera badan, senpi laras panjang, senpi laras pendek, HT, Zebo serta ranmor R2, kendaraan taktis R4 doble cabin, kendaraan taktis R6 komando dan kendaraan R6 taktis untuk personel.

Dalam sambutan singkatnya, Kapolda NTB mengatakan dibentuknya Tim Puma ini setelah berdiskusi dan mendapat masukan dari berbagai pihak dalam rangka menjawab harapan dari masyarakat. Tim Puma Polda NTB diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar sesuai dengan SOP sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat NTB yaitu terciptanya Kamtibmas yang kondusif dapat dirasakan.

“Dilihat dari ancaman gangguan Kamtibmas dan dikaitkan dengan perkembangan masyarakat dari perkembangan pembangunan sangat diperlukan keberadaan Tim Khusus Ditreskrimum Polda NTB dengan nama “Puma Polda  NTB”. PUMA yang memiliki arti Singa Gunung ini memiliki karakteristik menyerang mangsanya dengan menyergap atau menyerang secara tiba-tiba. Maknanya Tim “Puma Polda NTB” ini dapat mengungkap para pelaku tindak pidana konvensional dengan cepat dan tepat.

Selain itu pembentukan tim “Puma Polda NTB” ini merupakan kebutuhan Polri dalam rangka meningkatkan pelayanan kepolisian terhadap masyarakat di wilayah hukumnya. Apalagi dengan ditetapkannya kawasan Mandalika sebagai destinasi wisata dunia, serta adanya sirkuit Moto GP Mandalika menarik wisatawan dari mancanegara untuk datang ke NTB. Karena itu peningkatan pengamanan baik terhadap orang, barang, dan event-event nasional maupun internasional harus dilakukan Polda NTB dalam menyikapi perkembangan tersebut. Kapolda NTB berharap dengan dilaunchingnya “Tim Puma ” semua kejahatan yang timbul di wilayah Polda NTB dapat diungkap secara cepat. (SR)

Lihat Juga

Ayah Tiri Setubuhi Bocah SD, Ayah Kandung Lapor Polisi

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (25/6/2020) Kasus pencabulan anak di bawah umur di wilayah hukum Polres Sumbawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *