Home / HukumKriminal / Patroli Gabungan TNI-Polri Turun di Tiga Pasar Tradisional

Patroli Gabungan TNI-Polri Turun di Tiga Pasar Tradisional

MATARAM, samawarea.com (21/5/2020)

TNI-Polri berkolaborasi dengan menggelar patroli gabungan di tiga pasar tradisional di Kota Mataram. Patroli ini untuk melakukan pengecekan dan memberi himbauan kepada masyarakat terkait pemberlakuan Surat Keputusan (SK) Gubernur NTB dan Wali Kota Mataram tentang pembagian zakat. Kemudian pelaksanaan Sholat Idul Fitri, Lebaran Ketupat dan malam takbiran sesuai protokol penanganan covid-19. Himbauan dilakukan langsung Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto bersama Dandim 1606 Lombok Barat, Kolonel Czi Efrijon Kroll. Himbauan diberikan di tiga pasar tradisional. Pertama mendatangi Pasar Pagesangan. Selanjutnya menuju Pasar Kebon Roek, Ampenan. Terakhir himbauan diberikan di Pasar Mandalika, Bertais.

Patroli gabungan mengimbau dan mengajak warga masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti himbauan pemerintah. Yaitu untuk tidak melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri 1441 Hijriah di masjid maupun di lapangan melainkan dilaksanakan di rumah masing-masing. Masyarakat juga diminta untuk meniadakan tradisi lebaran Ketupat. Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. “Hari ini kami turun langsung memberikan himbauan kepada masyarakat dengan mendatangi tiga pasar tradisional. Kita minta untuk mengikuti himbauan pemerintah tentang pelaksanaan sholat Idul Fitri di rumah masing-masing,’’ ujar Kapolresta Kombes Pol Guntur Herditrianto di Mataram, Kamis (21/5).

Selain berdialog langsung dengan pengunjung pasar. Himbauan diberikan melalui mobil pengeras suara. Ajakan dan himbauan terus disampaikan oleh petugas. Agar nantinya bisa dimengerti dan dijalankan oleh masyarakat. ‘’Himbauan ini sangat penting dijalankan untuk keselamatan kita bersama,’’ bebernya.

Hanya saat turun langsung ke tiga pasar tradisional ini, petugas menemukan masih banyak pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker. Kapolresta Mataram pun langsung membagikan masker. Kepada pengunjung juga terus diingatkan untuk menjaga jarak dengan menerapkan sosial distancing dan physical distancing. ‘’Masih ada pengunjung yang tidak mengindahkan protokol penanganan covid-19 dengan tidak menggunakan masker saat berbelanja di pasar. Ini akan terus kita ingatkan agar mematuhi protokol covid-19,’’ kata Kapolresta Mataram.

Turut serta di kegiatan ini, Kabag Ops Polrests Mataram, Kompol Taufik, SIP, Kasat Binmas Polresta Mataram, Kompol Dahlan, Kasat Samapta Polresta Mataram, I Gede Sumadra Kertiawan, Pasi Ops Kodim Lobar, Mayor Abdul Haris dan beberapa petugas lainnya. Secara keseluruhan, giat patroli gabungan TNI-Polri di sejumlah pasar tradisional ini berjalan aman dan lancar. (SR)

Lihat Juga

Tak Pakai Masker, Puluhan Orang di KSB Terjaring Operasi Yustisi

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (18/9/2020) Polres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) bersama TNI dan Pemerintah Derah setempat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *