Jangan Ada Stigma Negatif untuk ODP, PDP dan Pasien Positif Covid

oleh -10 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (21/4/2020)

Jumlah warga Sumbawa yang positif Covid-19 mencapai 9 orang terdiri dari satu orang dinyatakan sembuh dan 8 lainnya dalam penanganan medis. Yaitu IK warga BTN Olat Rarang Desa Labuan Kecamatan Badas, LEP warga Kelurahan Brang Biji Kecamatan Sumbawa, AR (51 th) warga Desa Perung Kecamatan Lunyuk, AW (48 th) warga Desa Padasuka Kecamatan Lunyuk, SK (52 th) warga Desa Suka Damai Kecamatan Labangka, S (57 th) warga Desa Labuan Bontong Kecamatan Tarano, AS (30 th) Desa Labuan Bontong Kecamatan Tarano, dan HS (30 th) warga Desa Labuan Bontong Kecamatan Tarano. Untuk pasien Covid yang sembuh adalah Ny M asal Kecamatan Lunyuk. Saat ini Tim Gugus Tugas Sumbawa masih menunggu hasil 2 sampel yang dikirim tanggal 20 April 2020 yang sedang dalam proses pemeriksaan di Lab Mataram.

Dengan bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19, Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan namun tidak panik secara berlebihan. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak memberikan stigma negatif terhadap mereka yang ditetapkan sebagai PDP, ODP, OTG maupun pelaku perjalanan yang pulang ke kampung halamannya. Baik terhadap individu maupun keluarganya. Masyarakat diharapkan memberi dukungan moril kepada mereka untuk mengkarantina diri secara mandiri. Terhadap kasus-kasus terkonfirmasi positif covid-19, Dinas Kesehatan bersama UPT Puskesmas, kecamatan dan desa sudah memulai mendata tracing kontak terhadap pasien-pasien yang terkonfirmasi positif covid-19. Untuk itu diperlukan kerja sama semua pihak untuk memberikan informasi secara benar agar perluasan kasus tidak terjadi lagi.

Baca Juga  Pulihkan Pariwisata NTB, Diperlukan Promosi dan Perbaikan Akomodasi

Di bagian lain Haji Bas—sapaan Sekda Sumbawa ini, merilis data perkembangan Covid di Sumbawa. Tercatat 7.149 orang Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) datang dari berbagai wilayah di Indonesia maupun luar negeri. Semuanya diwajibkan untuk karantina mandiri, dan yang telah selesai menjalani karantina sebanyak 5.372 orang serta masih menjalani karantina mandiri 1.777 orang. Sebanyak 141 orang yang masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) tetapi memiliki kontak erat terkonfirmasi positif covid-19, yang sudah menjalani karantina mandiri sebanyak 107 orang. Jumlah kumulatif Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 404 orang dan selesai dilakukan pemantauan 366 orang, dan terdapat 38 orang masih dalam pemantauan dan menjalani karantina mandiri. Total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 23 orang, 8 orang telah dinyatakan sembuh sehingga masih terdapat 15 orang yang diobservasi oleh rumah sakit.

Haji Bas menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, benar-benar menerapkan social distancing, menjaga jarak, menghindarai keramaian dan kerumunan, menggunakan maskes diluar rumah dan selalu menjaga hygiene perorangan dengan mencuci tangan dengan sabun dan menjaga lingkungan untuk selalu bersih. (JEN/SR)

 

iklan bapenda