Ini Kondisi Terkini Dua Bayi PDP Covid di RSMA

oleh -2 views
Jubir Gugus Tugas Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (20/4/2020)

Rumah Sakit HL Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa sebelumnya merawat dua orang bayi dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dua bayi malang tersebut dirawat di ruang isolasi dan dalam pengawasan ketat tenaga medis. Setelah beberapa di ruang isolasi kini kondisi bayi tersebut mulai membaik, terlebih telah diterimanya dua kali hasil swab.

DPRD

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt kepada samawarea.com, Senin (20/4/2020), mengatakan bahwa hasil uji lab sampel swab dua bayi itu, negatif. Artinya, keduanya tidak terjangkit Covid-19. Karena itu, bayi-bayi tersebut telah dikeluarkan dari ruang isolasi dan dipindahkan ke ruang biasa. Bahkan selama menjalani perawatan medis, sudah dapat ditemani oleh kedua orang tuanya.

Sebelumnya ungkap Haji Didi—akrab Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa ini disapa, bayi-bayi itu menderita penyakit Pneumonia (radang paru-paru). Tim Gugus dan tim medis tidak ingin mengambil resiko. Sebab sudah ada kejadian seperti bayi di Mataram yang tanpa ada gejala covid ataupun tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid, ternyata positif covid. Dengan berkaca pada kejadian itu, tim pun menangani dua bayi yang mengalami Pneumonia berat, secara protocol kesehatan penanganan Covid. “Alhamdulillah hasil swabnya negatif dan sudah dua kali diuji swab,” demikian Haji Didi.

Sementara Direktur RSMA, dr. Arindra Kurniawan yang dihubungi terpisah, mengakui dua bayi itu hasil swabnya negatif. Keduanya sudah dipindahkan ke Ruang Anak Kelas 3. Pihaknya kini fokus menyembuhkan penyakit pneumonianya. Hasilnya, satu orang bayi direncanakan Selasa (21/4) besok bisa dipulangkan. (JEN/SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Masa Pandemi, Berbagai Karya Putra Putri NTB Tercipta