Home / Pemerintahan / Lantik Kades Terpilih, Bupati Sumbawa: Rangkul Semua Pihak  

Lantik Kades Terpilih, Bupati Sumbawa: Rangkul Semua Pihak  

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PMPD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (15/4/2020)

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril, B.Sc resmi melantik kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak belum lama ini, Rabu (15/4) dan Kamis (16/4). Pelantikan yang dipusatkan di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa dilaksanakan dalam 4 gelombang.

Pelantikan ini berlangsung ketat karena dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dan dengan pengaturan tempat duduk yang telah disesuaikan, guna meminimalisir kontak fisik dan menghindari berkumpulnya massa dalam jumlah banyak. Hal itu dilakukan menyusul merebaknya pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumbawa. Tidak hanya istri kades dilarang mendampingi suami yang dilantik, wartawan pun dilarang meliput secara langsung. Sebelumnya, para kepala desa yang akan dilantik harus menjalani beberapa tahapan pengecekan yang dimulai dari pintu masuk Kantor Bupati.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada 119 kepala desa terpilih yang telah berhasil merebut simpati mayoritas masyarakat dan dipercaya untuk mengemban amanah. Bupati berpesan, agar Kades terpilih untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. “Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab saudara,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan pesan dan harapan agar kades terpilih segera mempelajari dan memahami tugas, kewajiban dan wewenang sebagai kades. Diminta menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh pengurus kelembagaan yang ada di desa, terutama dengan BPD sebagai mitra pemerintah desa. Setelah pelantikan ini, segera membenahi masalah sumberdaya aparatur, sumber pendapatan desa dan penerapan manajemen yang baik demi terealisasinya penyelenggaraan pemerintah desa yang baik, mandiri, maju dan tidak ketinggalan dengan desa-desa lain.

Yang tidak kalah penting, lanjut Bupati, di tengah pandemic Covid19, Kades yang sudah dilantik segera bertindak cepat dalam mendukung kebijakan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam percepatan penanggulangan Covid-19. “Segera tindaklanjuti surat edaran menteri desa, salah satunya pembuatan pos jaga desa dan pembentukan relawan desa lawan Covid-19,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

PPDB Ditutup 1 Juli Tapi Belum Penuhi Kuota, Ini Kebijakan Dikbud Sumbawa

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (8/7/2020) Pendaftaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP Tahun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *