Pulang ke NTB, 42 TKI Dicegat di Pintu Masuk Bandara dan Pelabuhan

oleh -1 views

MATARAM, samawarea.com (13/4/2020)

Sebanyak 42 Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI asal NTB yang pulang dari luar negeri, dilakukan pemeriksaan secara ketat di dua pintu masuk, pada Hari Sabtu (11/4) dan Minggu (12/4). Para PMI ini terdiri dari 19 orang melalui pintu masuk Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid dan 23 orang melalui pintu masuk Pelabuhan Lembar.

Sekretaris Daerah Selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi Nusa Tenggara Barat, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, Minggu (12/4), mengatakan, saat menyambut dan memperlakukan kedatangan para PMI ini, sesuai SOP dan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim KKP besama tim Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Selanjutnya para PMI diserahterimakan kepada Gugus Tugas masing-masing kabupaten/kota untuk melaksanakan karantina selama 14 hari.

Baca juga:  Dipulangkan dari Jakarta CTKW Dompu Disambut Tim Gugus Tugas

Di bagian lain, Sekda Gita Ariadi, menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan grand strategi dalam penanganan Covid-19 yang tertuang dalam enam langkah, dan ini diikuti secara harmonis oleh pemerintah daerah se-Nusa Tenggara Barat. Melalui strategi pencegahan penyebaran penularan Covid-19, peningkatan sistem keamanan tubuh, peningkatan kapasitas sistem kesehatan, peningkatan ketahanan pangan dan produksi pangan, serta memperkuat jaring pengaman sosial (social safety net). Seluruhnya telah diharmonisasi dengan baik oleh Pemerintah Provinsi NTB. Langkah-langkah dan upaya pencegahan penanganan Covid19 telah dilakukan, termasuk sinergi dalam menyiapkan jaring pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak. Semaksimal mungkin seluruh potensi lokal akan diberdayakan. “Ini juga menjadi momentum untuk menguji kemandirian daerah dibalik wabah Covid-19, sehingga akan selalu ada berkah di balik musibah,” katanya, seraya mengingatkan masyarakat bahwa untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi menyediakan laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 http://corona.ntbprov.go.id, serta layanan Provincial Call Centre (PCC) Penanganan Penyebaran Pandemik Covid-19 NTB di nomor 081802118119. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Awal 2021, Gubernur Tangani Dua Balita Keluarga Tak Mampu