Handsanitizer di RSUD Asy-Syifa Kerap Hilang

oleh -12 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (13/4/2020)

Belakangan ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kerap kehilangan Handsanitizer yang dipasang di lorong-lorong rumah sakit. Hal ini diakui Direktur RSUD setempat, dr. Carlof Sitompul saat ditemui samawarea.com, Senin (13/4).

Hilangnya handsanitizer yang diperuntukkan bagi pengunjung dan petugas rumah sakit ini, bukan hanya isinya tapi juga tempatnya. Untuk mengantisipasi terulangnya kejadian ini, pihaknya terpaksa mengambil kebijakan Handsanitizer hanya ditempatkan di loket dan ruangan administrasi serta pintu masuk penjagaan, agar tetap terpantau. Awal dua minggu lalu, ungkap dr Carlof, handsanitizer cepat habis meski baru saja diisi dua jam yang lalu. Biasanya seminggu hanya menghabiskan 20 botol namun belakangan ini sehari menghabiskan 30 botol. “Minggu berikutnya tidak hanya isinya yang habis, tapi tempat-tempatnya hilang,” ujarnya.

Karena itu Ia menilai ada yang tidak wajar. Ketika digunakan seperlunya meski ada peningkatan pengunjung tidak mungkin bisa menghabiskan sebanyak itu. Diduga ada yang mengambilnya. “Kami mengambil tindakan cepat, agar kebutuhan di rumah sakit bisa terpenuhi, apalagi saat ini untuk mendapatkan handsanitizer sangat susah dan mahal sekali,”  akunya.

Terkait dengan stok handsanitizer di RSUD Asy-Syifa, Carlof mengaku masih aman untuk dua bulan ke depan sesuai target yang sudah ditentukan. Dan komitmen pemerintah untuk penanganan Covid 19 sangat kuat terutama dukungan anggaran. “Tinggal kita yang harus lebih extra mencari tempat yang tersedia untuk dibeli jenis barang seperti handsanitizer dan masker sesuai standar medis. Dua benda ini cukup langka saat ini, bahkan kami sampai mencari di Batam dimana tempat tersedia yang memang harganya semakin meningkat,” tandasnya. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Antisipasi Corona, Satpol PP Jaring Siswa Berkeliaran