Dinas Perikanan Sumbawa Barat Harap BBI Milik Provinsi Bisa Dikelola Daerah

oleh -33 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (7/4/2020)

Dinas Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berharap Balai Benih Ikan (BBI) milik Provinsi NTB bisa dikelola daerah. Hal ini mengingat minat masyarakat KSB sangat tinggi terhadap budidaya ikan air tawar.

Ditemui samawarea.com, Selasa (7/4), Sekretaris Dinas Perikanan KSB, Slamet Riyadi menyatakan sangat berharap KSB bisa mengelola BBI milik Pemerintah Provinsi NTB. Sebab tidak kurang setiap tahunnya masyarakat yang mengajukan proposal untuk bantuan benih ikan mencapai ratusan. Yang bisa dipenuhi hanya 10 persen dari jumlah permintaan. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini banyak sekali yang mendesak dinas agar bisa diberikan bantuan. “Kita juga punya potensi besar dengan dibangunnya dua bendungan raksasa yaitu Bendungan Tiu Suntuk dan Bintang Bano, yang akan membuat KSB akan berlimpah air, sehingga kami didinas harus berpikir cepat untuk menyiapkan kebutuhan kalau bendungan sudah berjalan. Langkah yang efektif saat ini meminta propinsi merelakan BBI yang ada di Brang Rea dikelola daerah. Permintaan ini saya anggap wajar mengingat kewenangan kelautan yang diambil provinsi sehingga kami meminta pengelolaan air di darat dikelola daerah,” ujarnya.

Saat ini kebutuhan ikan air tawar untuk masyarakat KSB sebagian besar disuplay dari Lombok. Karena ikan air tawar di KSB belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kami di daerah ingin berdaulat dengan memproduksi sendiri. Kami yakin apabila BBI itu diberikan, kami mampu bersaing di pasaran dengan bisa mengendalikan harga ikan air tawar di KSB, karena saat ini ikan air tawar dikuasai sepenuhnya oleh pengusaha dari Lombok yang hukum pasar berlaku jarak mempengaruhi harga barang,” jelasnya, seraya mengaku Pemda melalui dinasnya sudah menyurati pemerintah provinsi beberapa waktu lalu dan hingga kini belum ada jawaban yang kemungkinan terkendala dengan adanya wabah Corona di NTB. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Besok, TGB-Dr Zakir Naik Sholat Subuh di Islamic Center