Perkuat Satgas Kabupaten, Pemda KSB Bentuk Satgas Desa

oleh -3 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (7/4/2020)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat membentuk tim satuan tugas (Satgas) di setiap desa. Satgas ini terdiri dari perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Agen PDPGR dan bidan desa.

Ditemui samawarea.com belum lama ini, Kepala DPMPD melalui Kabid Pemerintahan Desa, Rizki Saputra S.IP mengatakan, bahwa pembentukan Satgas ini sebagai tindaklanjut dari himbau Bupati Sumbawa Barat yang meminta seluruh desa segera membuat Satgas Covid-19. Hal ini mengingat pemerintah telah membuat keputusan melalui Permendes No. 8 Tahun 2020 bahwa setiap desa harus memiliki tim Satgas. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Untuk pembiayaan Satgas ini, Rizki mengatakan menggunakan dana desa. Bagi desa yang APBDes-nya sudah diketok diarahkan untuk menggunakan anggaran belanja tak terduga minimal Rp 10 juta. Bagi yang belum diketok dapat menganggarkannya dengan menambah item tersebut. “Pemerintah hanya memberikan batasan minimal, untuk batas maksimalnya tergantung kebutuhan desa, karena setiap desa pasti kebutuhannya berbeda sesuai dengan situasi dan letak desa. Misalnya di Desa Poto Tano berbeda dengan Desa Rarak Runges. Ini sudah diatur dalam Permendagri No. 8 Tahun 2020,” jelasnya.

Menurutnya, pembetukan Satgas ini sangat penting untuk menyempurnakan tim Satgas Kabupaten. Nantinya kerja Tim Satgas Desa akan tetap berkoordinasi dengan Satgas Kabupaten. Apalagi di lapangan banyak masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) seringsekali berkeliaran tanpa ada pengawasan. Padahal setiap yang-ODP harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Hal seperti ini yang harus diperkuat oleh Satgas Desa, karena desa lebih mengetahui masyarakat yang keluar masuk ke daerahnya dan siapa penduduk asli yang menetap atau hanya sekedar berkunjung. “Kami yakin dengan adanya sinergi antara Satgas Desa dan Satgas Kabupaten, akan lebih efektif dalam mencegah penyebaran Virus Corona,” imbuhnya.

Baca Juga  Lagi, KSB Dapat Bantuan 8000 Unit Septic Tank

Tugas lain Satgas Desa lanjut Rizki, memberikan bantuan tempat cuci tangan khusus lengkap dengan sabunnya di setiap tempat ibadah. Pasalnya masyarakat KSB masih melaksanakan ibadah sholat berjamaah di masjid. Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat yang banyak dikunjungi masyarakat. Selain itu mengitensifkan himbauan agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan tidak melaksanakan kegiatan yang menjadi pusat berkumpulnya orang. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.