Terus Menyusut, 60 ODP Covid-19 di Sumbawa Selesai Dipantau, 3 PDP Sembuh !

oleh -4 views
Tim Gugus Tugas Covid-19 yang dipimpin Camat Tarano M. Tahkiq, SH melakukan pemeriksaan kesehatan dan pendataan arus masuk penumpang/warga yang melintasi Gerbang Timur Kabupaten Sumbawa

BERITA KHUSUS GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (5/4/2020)

DPRD

Alhamdulilllah, sedikit demi sedikit Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Sumbawa terus mengalami penyusutan. Berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Minggu (5/4/2020), Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 184 orang, namun yang sudah selesai 60 orang, sisanya 124 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari semula 7 orang yang dirawat di Rumah Sakit HL Manambai Abdulkadir (RSMA) 7 orang, kini tersisa 4 orang karena 3 PDP sudah sembuh dan dipulangkan. Sementara pasien positif Covid-19, masih satu orang. Demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt dalam keterangan persnya, Minggu (5/4).

Dikatakan Haji Didi—akrab Jubir yang juga Kadis Kesehatan Sumbawa ini, upaya pencegahan untuk menekan angka ODP dan PDP Covid-19 di daerah ini terus diintesifkan. Sesuai arahan dan instruksi Bupati Sumbawa bahwa seluruh perangkat kerja harus bergerak cepat, terarah dan terkoordinir.

Salah satu langkah yang dilakukan terkait adanya pasien positif Covid, Tim Surveilance dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa serta unsur Gugus Tugas Kabupaten didampingi oleh Gugus Tugas Kecamatan Lunyuk dan Gugus Tugas Desa melakukan contact Tracing terhadap seluruh orang yang pernah melakukan kontak erat dengan positif Corona 01 Sumbawa.

Baca Juga  KSP Upayakan Kolaborasi Cegah Korupsi yang Lebih Efektif

Pada fase ini, Bupati meminta agar tidak lalai. Sebab fase ini sangat menentukan penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan diatasi atau tidak. Bupati yang juga Ketua Gugus Tugas, ungkap Haji Didi, mengapresiasi Tim Gugus Tugas di lapangan atas dedikasinya terhadap keselamatan masyarakat, tau dan Tana Samawa.

Sementara itu Sabtu (4/4) kemarin, Tim Gugus Tugas Covid-19 yang dipimpin Camat Tarano M. Tahkiq, SH melakukan pemeriksaan kesehatan dan pendataan arus masuk penumpang/warga yang melintasi Gerbang Timur Kabupaten Sumbawa. Langkah ini dilakukan sebagaimana perintah Bupati untuk lebih proaktif melakukan langkah-langkah percepatan penanganan, terutama dengan memperketat pengawasan arus keluar masuk di gerbang barat dan gerbang timur. Diminta menyiagakan posko-posko secara intensif untuk mendata dan memeriksa para pendatang di wilayah tersebut. (JEN/SR)

DPRD DPRD