Telusuri Jejak Positif Covid, Tim Dikes Turun ke Lunyuk

oleh -4 views

BERITA KHUSUS GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/4/2020)

DPRD

Tim Dinas kesehatan Kabupaten Sumbawa bersama Dinas Kesehatan Provinsi NTB, bertolak ke Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa, Jumat (3/4). Kedatangan tim gabungan di wilayah bagian selatan Sumbawa ini untuk melakukan contact tracing terhadap kasus 01 Sumbawa, yaitu yang memiliki kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 atau disebut Sumbawa 01.

Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM dalam keterangan persnya, Jumat (3/4/2020), mengakui hal itu. Tim Dikes Sumbawa bersama Tim Dikes Provinsi akan menelusuri orang-orang yang memiliki kontak langsung dengan pasien 01 Sumbawa. Hal ini dilakukan untuk mencegah atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk diketahui, ungkap Haji Bas—akrab Kepala Sekretariat Gugus Tugas yang juga Sekda Sumbawa ini, hingga 3 April 2020, jumlah ODP dan PDP mencapai 132 orang. Ada tambahan 12 orang dari data 2 April 2020 kemarin. Untuk ODP ada 126 orang, 62 orang di antaranya telah selesai pemantauan, tersisa 64 orang yang menjalani karantina mandiri. Sedangkan PDP 5 orang, 1 orang dinyatakan sembuh dan 1 lainnya positif Covid-19 yang kini dirawat di Rumah Sakit HL Manambai Abdulkadir (RSMA) dengan kondisi membaik.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa menegaskan kembali bahwa untuk memutuskan mata rantai penyebaran wabah covid-19, masyarakat hendaknya benar-benar mematuhi hal-hal yang sudah disampaikan. Antara lain, melaksanakan social distance atau physical distance, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak satu sama lain serta membatasi aktivitas keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang sangat penting.

Baca Juga  Tidak Ada Keluarga Gubernur Minta Fasilitas Gratis Penyeberangan Kayangan-Tano

Melakukan karantina di rumah masing-masing bagi warga yang datang dari luar negeri atau daerah yang telah terkonfirmasi positif covid-19, serta melaporkan kedatangannya kepada aparat di desa/kelurahan. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, penyemprotan desinfektan, mengepel lantai, mengelap perabotan, peralatan kerja yang sering disentuh, membersihkan rumah dan lingkungan secara rutin yang dapat dilakukan secara mandiri. (SR)

DPRD DPRD