Home / Ekonomi / Kemenag Sumbawa Perpanjang Masa Pelunasan BPIH Tanpa Tatap Muka

Kemenag Sumbawa Perpanjang Masa Pelunasan BPIH Tanpa Tatap Muka

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/4/2020)

Selama masa pandemic virus Corona, Kementerian Agama (Kemenag) RI memberlakukan mekanisme pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020, tanpa tatap muka dan non teller, sejak 27 hingga 31 Maret. Kebijakan inipun kembali diperpanjang mengingat masyarakat yang terjangkit Covid19suryan–salah satu virus mematikan ini di wilayah Indonesia, semakin bertambah. Berdasarkan surat Kemenag RI Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh No. B-31002/Dt.II.II.I/1/KS.02/3/2020 tertanggal 31 Maret 2020, pelunasan BPIH tanpa tatap muka dan non teller ini diperpanjang dari tanggal 1—21 April mendatang. “Pelunasan Tanpa tatap muka dan non teller ini untuk mencegah peredaran virus Corona,” ungkap Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa, H. Suryanto, SAg.

Bagi Jamah Calon Haji (JCH) yang ingin melakukan pelunasan kata haji Anto–sapaan akrabnya, sekarang dapat menggunakan E-banking—aplikasi di HP android nasabah yang berisikan berbagai macam transaksi perbankan. Struk pelunasan diharapkan di bawa ke Kantor Kemenag Sumbawa, bersama pas foto dan materai 6000. Sejauh ini yang sudah melakukan pelunasan tercatat 210 calon jamaah. Mereka melakukan pelunasan tanpa tatap muka dan non teller di sejumlah bank. Selain pelunasan tanpa tatap muka dan non teller, selama masa pandemic virus Corona, pendaftaran haji kini hanya dibatasi sebanyak 5 orang setiap harinya. Lebih dari lima orang maka system aplikasi pendaftaran secara otomatis terhenti. “Kebijakan ini berlaku sampai masa pandemic virus Corona berakhir,” pungkasnya. (SR)

 

Lihat Juga

Gubernur: Waspadai Transmisi Lokal, Semangat Tangani Covid-19 Tak Boleh Kendor

LOMBOK BARAT, samawarea.com (28/5/2020) Setelah dari Kota Mataram, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Forum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *