Home / Ekonomi / DPRD KSB Minta Bulog dan Pemerintah Antisipasi Anjloknya Harga Gabah

DPRD KSB Minta Bulog dan Pemerintah Antisipasi Anjloknya Harga Gabah

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (3/4/2020)

Pemerintah pusat telah menetapkan harga beli gabah ke petani di bawah Harga Pokok Penjualan (HPP). Menyikapi hal itu Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk memantau harga gabah.

Ditemui SAMAWAREA belum lama ini, Komisi II DPRD KSB Akheruddin, SE., ME mengatakan harga beli gabah ke petani sudah di bawah HPP. Pemerintah pusat menetapkan HPP Rp 4.200 per Kg sedangkan harga beli petani Rp 3.800. “Padahal ini masih musim panen awal harga sudah di bawah standar. Bagaimana nanti kalau puncak musim panen kemungkinan harga akan lebih anjlok lagi, sehingga kami sebagai wakil rakyat meminta kepada pemerintah dan Bulog untuk turun ke lapangan memantau harga tersebut untuk memastikan harga beli petani sesuai HPP,” kata Akher.

Dengan adanya tren harga gabah yang cenderung turun, Ia berharap pemerintah sudah memikirkan antisipasi sehingga petani tidak merugi. Apalagi pada kondisi pencegahan virus corona ini petani membutuhkan uang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Jangan gara-gara kita fokus ke pencegahan Corona lantas kita lupa dengan nasib petani,” tukasnya.

Kondisi ini sangat tepat bagi Bulog untuk turun melakukan pemantauan dan segera menyerap hasil panen masyarakat dengan harga yang sudah ditentukan pemerintah mengingat harga di lapangan sudah di bawah standar. “Kenapa kita harus bergerak cepat karena nanti kalau harga sudah semakin jauh turun akan sulit harganya untuk distabilkan. Pengalaman setiap tahun harga semakin hari semakin turun. Semakin banyak yang panen harga akan semakin rendah sehingga di sinilah peran pemerintah dan Bulog hadir untuk kesejahteraan petani,” pungkasnya. (HEN/SR)

Lihat Juga

Menuju New Normal, Polda NTB Optimalkan Ketahanan Pangan di Lombok Barat

MATARAM, samawarea.com (3/7/2020) Pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, saat ini memasuki masa transisi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *