Home / Kesehatan / Dewi Noviany dan Perempuan Gemilang Bagi-bagi Masker

Dewi Noviany dan Perempuan Gemilang Bagi-bagi Masker

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/4/2020)

Bakal Calon Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany M.Pd sangat memahami kebutuhan masyarakat di tengah merebaknya wabah corona. Masyarakat membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD), minimal masker. Pasalnya keberadaan masker saat ini terbilang langka. Semua toko berjejaring, kios maupun apotik yang biasa menjual masker, sudah kehabisan stok. Karenanya Novi—sapaan wanita bersahaja ini, menyiapkan hampir seribu buah masker yang langsung dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pantauan samawarea.com, Jumat (3/4) sore, Novi bersama Perempuan Gemilang Mo-Novi, bagi-bagi masker kepada para pengguna jalan maupun masyarakat umum yang melintas tepatnya di Simpang Peternakan Sumbawa. Bahkan Novi langsung turun tangan untuk membantu seorang kakek cara memasang masker. Selain membagikan masker, Novi bersama tim memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan penyebaran Covid-19. Mulai rutin mencuci tangan, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta mengurangi aktifitas di luar rumah. Aksi yang dilakukan Novi dan Perempuan Gemilang ini disambut antusias masyarakat.

Adi—salah seorang tukang ojek mengaku beruntung bisa mendapatkan masker yang selama ini sulit didapat. Ia berharap agar cara ini dapat diikuti oleh siapa saja termasuk bakal calon bupati dan wakil bupati lainnya. “Ini yang dibutuhkan saat ini, sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona,” timpal Ani—pengguna jalan lainnya.

Lidia, seorang mahasiswi, menilai aksi yang dilakukan Novi dan tim patut diacungi jempol. Tidak hanya sekedar memberikan himbauan, tapi cara tersebut langsung memberikan solusi. “Banyak yang meminta agar masyarakat pakai masker, tapi maskernya tidak diberikan, dan saat dicari sulit didapat. Cara Ibu Novi ini bukan kata-kata tapi aksi nyata,” pujinya.

Ditemui di sela-sela kegiatannya, Dewi Noviany M.Pd mengatakan bahwa pencegahan penyebaran Covid-19 ini merupakan tanggung jawab bersama. Siapapun harus terlibat sesuai dengan peran dan kemampuannya masing-masing. Menurutnya, masker saat ini sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat barang itu belakangan ini menjadi langka dan sulit didapat. Namun bukan berarti kehabisan stok masker di toko dan lainnya, menjadi penghalang untuk berbuat. Untuk itu, ia bersama timnya menggugah UKM-UKM agar membuat masker. Masker hasil karya UKM inilah yang dibagi-bagikan kepada masyarakat. “Selain memberdayakan UKM, kita bisa membantu masyarakat yang membutuhkan masker,” ujarnya.

Ke depan tidak hanya ini saja yang dilakukannya bersama Perempuan Gemilang. Sebab wabah Covid ini tidak hanya berdampak pada sisi kesehatan, tapi juga ekonomi. “Ada dua misi kami, selain kemanusiaan juga misi ekonomi,” cetus satu-satunya perempuan yang bakal maju di Pilkada Sumbawa berpasangan dengan Drs. H. Mahmud Abdullah.

Di akhir wawancaranya, Novi berharap masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik namun tetap waspada. Patuhilah himbauan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini. “Paling penting, selalu berdo’a kepada Allah agar daerah ini diberikan keselamatan dan dijauhkan dari segala mara bahaya,” ucapnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Swab Massal di Pasar Alas, Awalnya Pedagang Ketakutan

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (8/7/2020) Pelaksanaan swab tes secara massal di Pasar Alas, Rabu (8/7) pagi, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *