Sumbawa Dapat Bantuan 125 Baju Astronot

oleh -12 views
ilustrasi

LIPUTAN KHUSUS JUMPA PERS GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (30/3/2020)

Kabupaten Sumbawa dalam waktu dekat akan mendapatkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 125 buah baju astronot. Bantuan itu dialokasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB. “BPBD Provinsi sedang bergerak untuk mendroping APD itu. Ini yang sangat kita tunggu-tunggu,” kata Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt didampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Arif Alamsyah S.STP., M.Si dalam jumpa persnya, Senin (30/3) sore tadi.

Pakaian astronot ini nantinya ungkap Haji Didi—akrab Jubir yang juga Kepala Dikes Sumbawa, akan digunakan untuk tatalaksana rujukan pasien di rumah sakit. Saat ini pihaknya memiliki APD tersebut yang sangat terbatas. Terkadang petugas puskesmas dalam merujuk pasien gejala Covid ke rumah sakit, melakukan inovasi sendiri dengan cara memakai jas hujan yang memang tidak standar. “Alhamdulillaah, dengan bantuan ini kebutuhan kita sedikit demi sedikit mulai dapat kita penuhi, meski masih jauh dari kebutuhan yang ada mengingat terjadi peningkatan pasien rujukan setiap hari,” ungkapnya.

Kemudian bantuan APD pakaian astronot ini, kata Haji Didi, akan diberikan ke sejumlah puskesmas. Mengingat jumlahnya yang terbatas, akan dibagi menggunakan sistem zona yaitu barat, timur, utara dan selatan.  Selain pakaian astronot, lanjut Haji Didi, logistic lain sudah dipesan, yaitu alat pemeriksaan suhu tubuh dengan jarak jauh tanpa menempelkan ke badan untuk menghindari semaksimal mungkin kontak dengan orang yang diperiksa. “Sudah kami pesan sekitar 30 buah dan diperkirakan awal April 2020 logistik itu sudah datang,” ujarnya.

Baca Juga  ODP dan PDP Covid-19 di Sumbawa Bertambah, Data Hari Ini Tercatat 74 Orang

Dengan keberadaan APD dan logistic tersebut, Ia berharap penanganan ODP maupun PDP dapat dilakukan secara maksimal. Selain itu sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona ke wilayah Sumbawa. “Semoga kita terhindari dari segala penyakit dan tetap diberikan kesehatan dari ikhtiar yang kita lakukan secara terus menerus,” pintanya. (JEN/SR)

 

DPRD DPRD