Home / Ekonomi / Jumat Berkah Polsek Pelabuhan Lembar Bantu Manula dan Kaum Dhuafa

Jumat Berkah Polsek Pelabuhan Lembar Bantu Manula dan Kaum Dhuafa

LOMBOK BARAT, samawarea.com (28/3/2020)

Merebaknya Virus corona atau Pendemi Covid 19 di beberapa wilayah di Indonesia tentunya berdampak juga kepada masyarakat di Lombok Barat. Seperti di wilayah hukum Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar. Kaum dhuafa dan manula di Dusun Lembar Selatan dalam keadaan sulit. Ekonomi mereka terpuruk dan membutuhkan uluran tangan. Prihatin terhadap hal itu Polsek setempat turun tangan.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, IPTU I Made Dharma Yulia Putra, STK., SIK, mengatakan bahwa untuk menyikapi situasi ini pihaknya berusaha memberikan bantuan. Kegiatan penyaluran bantuan dalam bentuk sembako ini, dikemas dalam rangkaian Jumat Berkah Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar. Namun demikian, kegiatan penyaluran sembako ini tetap memprioritaskan kaum dhuafa dan manula di lingkungan Pelabuhan Lembar.

Menurutnya kegiatan jumat berkah ini sebenarnya rutin dilakukan setiap minggu, namun dengan situasi saat ini terkait himbauan social distancing, dilakukan lebih optimal. Adapun upaya yang dilakukan yaitu menambah volume bantuan, mengingat para manula yang rutin menerima bantuan dalam kondisi normal saja sudah mengalami kesulitan. Kegiatan Jumat Berkah ini diinisiasi oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, dengan menggandeng stakeholder yang ada di Pelabuhan Lembar. Sumber dana berasal dari patungan anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, dan pihak donatur tanpa ditentukan nominalnya.

Kapolsek menegaskan bahwa kegiatan kemanusiaan ini tidak ada paksaan terhadap anggota, hanya memotivasi untuk menyisihkan sedikit rezeki membantu sesama. Dari patungan sejumlah dana tersebut, kegiatan Jumat Berkah dapat dilaksanakan hingga saat ini. Tujuannya yaitu membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan uluran tangan, terutama para manula yang sebagiannya hidup sebatang kara. Ada yang ditinggal bekerja oleh keluarga, hingga ada yang memang sudah ditinggalkan sanak keluarga. Tentunya ini semakin membuat kesulitan ekonomi yang dihadapi, terlebih dalam mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah. (SR)

Lihat Juga

Turut Berduka Cita, Kapolres Sumbawa Melayat, Kabag Ops Angkat Keranda Jenazah

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (13/7/2020) Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra S.IK, didampingi Kabag Ops AKP Burhanuddin, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *