Wabup KSB Himbau Masyarakat Tidak Bepergian Keluar Daerah

oleh -5 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (25/3/2020)

Gubernur NTB telah merilis bahwa di NTB sudah terdapat satu warga yang positif Covid-19. Informasi resmi ini patut mendapat perhatian luas dari masyarakat. Karena itu Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST menghimbau masyarakatnya untuk tidak meninggalkan daerah sementara waktu mengingat NTB sudah menjadi daerah terjangkit.

DPRD

Ditemui SAMAWAREA di Pendopo, Selasa (24/3) Bang Fud—sapaan Wabup, mengatakan himbauan ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus itu di KSB. Apalagi virus tersebut sangat cepat menular kepada orang lain yang bersentuhan dengan penderita atau menyentuh sesuatu yang disentuh oleh penderita Virus Corona. Bagi masyarakat KSB yang pulang dari luar daerah harus patuh pada Protokol yang sudah ditetapkan pemerintah daerah melalui Satgas Covid 19. Karena ini bukan hanya untuk dirinya melainkan juga untuk masyarakat lain. “Untuk masyarakat yang pulang dari luar daerah, dia berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) yang menurut aturan kesehatan dalam pencegahan Virus Corona orang tersebut tidak boleh keluar rumah selama 14 hari, untuk memastikan tindakan medis selanjutnya. Apabila selama 14 hari tidak ada gejala maka status ODP dicabut dan bisa beraktivitas seperti biasa, sedangkan apabila selama 14 hari ada gejala yang timbul seperti batuk pilek maka patut dicurigai orang tersebut terpaparVirus Corona, yang oleh aturan penanganan medis harus diisolasi dan naik statusnya menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” jelas Bang Fud.

Baca Juga  Sulap Sawah Jadi Destinasi, Lingkungan Maras Samapuin Mendadak Viral

Wabup meminta masyarakatnya memberikan perhatian serius dan tidak dianggap remeh. Ia mendapat laporan dari tim, ada masyarakat yang membandel, meski status ODP tapi tetap keluar rumah. Sebab ketika petugas ke rumahnya, orang tersebut tidak ada di tempat. “Kami meminta kepada orang terdekatnya untuk terus saling menguatkan dalam kondisi ini, begitu juga masyarakat tetap saling mengingatkan apabila ada kejadian serupa, mohon orang tersebut ditegur demi kenyamanan kita semua,” ujarnya. (HEN/SR)

DPRD DPRD