Pemerintah Tidak Memilih Lockdown, Inilah Penjelasan Presiden

oleh -101 Dilihat

MATARAM, samawarea.com (25/3/2020)

Saat menggelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan seluruh gubernur, Selasa (24/03/2020), Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo menjelaskan alasan pemerintah tidak mengambil kebijakan untuk lockdown atau penutupan seluruh akses keluar masuk ke Indonesia. Presiden mengaku ada yang bertanya kepadanya, kenapa kebijakan lockdown tidak dilakukan oleh pemerintah. “Perlu saya sampaikan bahwa setiap negara memiliki karakter yang berbeda-beda, memiliki budaya yang berbeda-beda, memiliki kedisiplinan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kita tidak memilih jalan itu dan itu sudah saya pelajari,” tegasnya.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengaku telah memiliki analisa-analisa seperti ini dari semua negara. Misalnya apa kebijakan mereka, apa yang mereka melakukan, kemudian hasilnya seperti apa. Sehingga di Indonesia, kata Presiden memang yang paling pas adalah menjaga jarak aman. Itulah yang paling penting. “Kalau itu bisa kita lakukan saya yakin bahwa kita akan bisa mencegah penyebaran Covid-19 ini,” ungkapnya.

Baca Juga  Lama Menanti, 945 Guru di Sumbawa Resmi Diangkat Sebagai Tenaga PPPK

Tetapi kata Presiden, itu membutuhkan sebuah kedisiplinan yang kuat, membutuhkan ketegasan yang kuat, jangan sampai yang sudah diisolasi, masih membantu tetangganya yang mau hajatan, ada yang sudah diisolasi masih beli handphone dan belanja di pasar. Jadi katanya, kedisplinan untuk mengisolasi itu yang paling penting. “Partial isolated, mengisolasi sebuah RW, mengisolasi sebuah kelurahan penting tetapi betul-betul dengan sebuah kedisiplinan yang kuat,” jelasnya seraya menambahkan jika ini bisa dilakukan, maka skenario yang telah dipilih akan memberikan hasil yang baik. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *