Home / Kesehatan / Rumah Sakit Surya Medika Tidak Merawat Pasien Covid

Rumah Sakit Surya Medika Tidak Merawat Pasien Covid

SUMBAWA BESAR, SR (21/3/2020)

Sejauh ini belum ada pasien positif Corona baik di NTB maupun di Kabupaten Sumbawa. Namun demikian Orang Dalam Pemantauan (ODP) cukup banyak, dan sejauh ini belum satupun yang dinyatakan positif.

Direktur Rumah Sakit Surya Medika PKU Muhammadiyah Sumbawa, dr. Yogi Triatmakusuma yang dihubungi SAMAWAREA, Sabtu (21/3), menegaskan tidak ada pasien positif Corona yang dirawat di rumah sakitnya. Sebab Rumah Sakit Surya Medika tidak menerima perawatan pasien Covid 19 (Corona). Dokter Yogi mengakui pihaknya banyak menerima pasien dengan gejala-gejala yang mengarah. Ada yang langsung dirujuk ke Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) dan ada yang pulang. Untuk pasien yang dirujuk sebanyak dua orang. Saat datang ke Surya Medika, langsung dibawa ke Triase (ruangan untuk membedakan pasien gawat) yang berada di lantai bawah. Ketika gejala Covid, akan dibawa ke ruang isolasi untuk stabilitasi dan penegakan diagnosis, selanjutnya dirujuk ke RSMA. “Ada dua orang pasien yang dirujuk dan hasilnya sejauh ini negatif,” jelas dr. Yogi.

Sedangkan yang dipulangkan, sebut dr. Yogi, cukup banyak, mencapai sekitar 30-an orang. Mereka datang dengan keluhan batuk, panas dan lainnya. Mereka dimasukkan dalam data sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). Kepada mereka, pihaknya menyarankan untuk mengkarantina diri serta memberikan edukasi bagaimana cara batuk yang benar, cuci tangan dan lainnya. Data diri mereka juga tercatat dalam aplikasi rumah sakit dan telah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. (JEN/SR)

Lihat Juga

Gubernur Salut Kesiapan Pelabuhan Kayangan-Poto Tano Antisipasi Covid-19

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (56/4/2020) Setelah menerima sejumlah masukan dari masyarakat, Jumat malam (3/4/2020) Gubernur NTB, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *