Home / Politik / Sambangi Warga Desa Talonang, HMS Ingatkan Pentingnya Toleransi
Anggota DPR RI HM Syafrudin ST MM

Sambangi Warga Desa Talonang, HMS Ingatkan Pentingnya Toleransi

SUMBAWA BARAT, SR (20/3/2020)

Anggota DPR RI Komisi IV Daerah Pemilihan NTB 1, H. Muhammad Syafruddin, ST MM (HMS) menyambangi warga Desa Talonang Baru di Kantor Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang, Selasa (18/3). Kehadiran anggota DPR RI tiga periode tersebut, menjadi catatan sejarah tersendiri bagi warga desa setempat. Pasalnya, sebagai desa terujung di wilayah selatan Kabupaten Sumbawa Barat, sangat jarang dikunjungi oleh anggota legislatif sekaliber DPR RI. Dalam kegiatan bertajuk silaturrahmi, HMS menjabarkan empat pilar MPR RI yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. “Pancasila tentu kita tahu semua, semua sila ini mengatur kita dari Sabang sampai Marauke dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagitupula dengan UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” urai HMS di hadapan tokoh masyarakat Talonang.

Keempat pilar MPR RI jika bisa dipahami, lanjut HMS, maka akan terus mendorong diri untuk senantiasa cinta kepada tanah air. Selain cinta tanah air, memahami empat pilar MPR RI bisa memupuk rasa keberagaman antar warga Negara. Saling menghargai dan menghormati, serta pentingnya toleransi dalam bermasyarakat.

Sebelumnya, Kepala Desa Talonang Baru, Budi Haryo, SP menyampaikan apresiasi atas kehadiran HMS di Desa Talonang Baru. Ia menjelaskan, sebagai desa yang lahir dari desa transmigrasi, tentu banyak etnis yang mendiami Desa Talonang Baru. “Di desa kami ini masyarakatnya berasal dari berbagai etnis. Meski demikian, masyarakat bisa hidup rukun berdampingan dan tidak ada masalah yang berarti,” ujar Kades yang baru tiga bulan menjabat.

Selain memaparkan latar belakang masyarakatnya, Kades yang dikenal ramah ini juga menjelaskan tentang potensi desa yang butuh didorong oleh berbagai pihak. Mulai dari sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan, hingga ketahanan pangan. (HEN/SR)

Lihat Juga

Tim Kerja Pimpinan DPD RI Resmi Tolak RUU HIP

JAKARTA, samawarea.com (6/7/2020) Tim Kerja Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia resmi mengeluarkan rekomendasi dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *