Disnaker KSB Kirim 10 Orang Ikut Pelatihan di BLK Serang Banten

oleh -2 views

SUMBAWA BARAT, SR (20/3/2020)

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat mendapat kuota 10 orang untuk dilatih di BLK Serang Banten dari Kementerian Ketenagakerjaan. Hal ini diakui Kadisnakertrans KSB melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial Tohiruddin SH. Setelah mendapat jatah ini, pihaknya langsung mengumumkan kepada seluruh masyarakat yang berniat mengikuti pelatihan tersebut. Setelah dibuka pendaftaran, Tohiruddin mengaku ternyata peminatnya banyak sekali. “Yang dibutuhkan 10 orang tapi yang mendaftar sudah 80 lebih orang,” sebutnya.

Karena jumlah pendaftar jauh melebihi kuota, sambung Tohiruddin, pihaknya akan melakukan seleksi secara terbuka dan transparan sehingga semua pendaftar memiliki kesempatan yang sama. Dalam seleksi nanti, akan dilakukan secara profesional dengan menggali minat dan bakatnya yang disesuaikan dengan bidang yang akan diikuti dalam pelatihan. “Yang melakukan test adalah petugas dari BLK Serang, kami hanya mendampingi,” akunya.

Ada beberapa tahapan dalam test nanti, seperti wawancara atau interview. Dari hasil test memang semua peserta layak untuk mengikuti, namun dengan kuota yang terbatas pihaknya mengambil nilai yang paling tinggi, atau 10 besar. “Alhamdulillah semua berjalan lancar dan kita sudah kerucutkan menjadi 10 besar yang dalam waktu dekat akan kita kirim untuk pelatihan di BLK Serang Banten,” ujarnya.

Mengingat anggarannya dari pemerintah pusat, dan melihat tingginya minat masyarakat Sumbawa Barat untuk mengikuti pelatihan, Tohiruddin mengatakan, sisa yang tidak terjaring akan diusulkan ke Kementerian agar bisa diakomodir, meski tidak bersamaan dengan 10 orang yang lolos seleksi.

Baca Juga  Pastikan Lansia Baik-baik Saja, Ketua PKK NTB Sambangi BSLU

Untuk diketahui, pelatihan yang digelar di Serang Banten adalah welder atau pengelasan, dan kelistrikan. Pelatihan ini disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tambang di KSB. Lulusannya nanti, akan direkomendasikan kepada perusahaan AMNT dan perusahaan subkonnya untuk diprioritaskan ketika dibuka lowongan pekerjaan. (SR)

 

iklan bapenda