Home / Politik / Wacanakan Koalisi Biru, PAN Merapat ke Husni Djibril ?

Wacanakan Koalisi Biru, PAN Merapat ke Husni Djibril ?

SUMBAWA BESAR, SR (19/3/2020)

Arah koalisi partai politik untuk Pilkada Sumbawa semakin dinamis. Kian hari perubahan terus terjadi dan semakin sulit ditebak. Ini terbilang wajar karena belum satupun bakal calon atau pasangan bakal calon yang sudah mengantongi SK DPP. Artinya, semua masih belum pasti dan perubahan bisa terjadi kapan saja. Di tengah ketidakpastian ini, Partai Amanat Nasional (PAN) mulai memainkan strategi politik. Dipimpin H. Muhammad Jabir SH MH sebagai nakhoda baru hasil Musdalub DPD PAN Sumbawa belum lama ini, partai matahari terbit tersebut sepertinya mulai ‘merapat’ ke HM Husni Djibril B.Sc–salah satu bakal calon. Padahal santer tersiar khabar, PAN sudah membangun koalisi dengan Gerindra untuk mengusung Ir. H. Syarafuddin Jarot MP—Ir. H. Mokhlis M.Si (Jarot—Mokhlis) pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa. Indikasi ini semakin kuat setelah Ketua DPD PAN Sumbawa HM Jabir SH MH yang didampingi H. Muhammad Syafrudin ST MT—Anggota DPR RI sekaligus pengurus DPP PAN, mendatangi kediaman Bupati Sumbawa, Kamis (19/3) malam. Kedatangan dua politisi PAN tersebut disambut Bupati HM Husni Djibril B.Sc yang didampingi Ketua DPC Demokrat Sumbawa, Syamsul Fikri AR S.Ag., M.Si. Keempatnya terlibat pembicaraan yang serius. Untuk diketahui, HM Husni Djibril B.Sc adalah salah satu bakal calon Bupati yang melamar di DPD PAN Sumbawa. Bahkan nama Husni Djibril salah satu yang diusulkan DPD PAN Sumbawa ke DPW dan DPP. Selain itu bergulir wacana adanya “Koalisi Biru” yang akan dilinierkan sampai ke tingkat bawah termasuk dalam memenangkan pasangan calon di Pilkada serentak. Koalisi biru dimaksud yaitu Demokrat dan PAN. Apalagi Demokrat sejak awal sudah menyatakan secara terbuka mendukung HM Husni Djibril B.Sc untuk memimpin Sumbawa dua periode. Jika PAN dan Demnokrat benar berkoalisi dan mendukung HM Husni Djibril, berarti Gerindra harus memainkan plan B, yakni mencari mitra koalisi baru untuk memenuhi persyaratan minimal jumlah kursi dalam mengusung pasangan calon.

Dicegat usai pertemuan, HM Jabir SH MH didampingi Muhammad Syafruddin ST MT, mengaku bahwa kedatangannya menemui Bupati HM Husni Djibril adalah silaturahim biasa menyusul adanya hasil Musdalub yang telah memilihnya sebagai ketua DPD PAN Sumbawa. Selain itu kedatangannya juga sebagai keponakan yang menemui seorang paman, terlebih lagi antara dirinya dan Haji Husni Djibril sama-sama berasal dari Kecamatan Utan. Ia mengelak bahwa pertemuan tersebut focus membicarakan tentang Pilkada termasuk arah dukungan PAN maupun berkoalisi dengan partai mana. Namun Ia mengiyakan adanya wancana Koalisi Biru yang sudah terbentuk di tingkat DPW yang akan dilinierkan hingga ke tingkat bawah.

Mantan Wakil Bupati Sumbawa ini juga tidak menampik jika HM Husni Djibril B.Sc salah satu bakal calon yang diusulkan ke tingkat DPW hingga DPP PAN untuk mendapat SK dukungan. Ada juga kader PAN, H Burhanuddin Jafar Salam SH MH. Tapi dalam hal ini, Ia tidak melihat kader atau bukan kader, melainkan ada mekanisme yang harus ditempuh, dan PAN harus juga pandai mengkalkulasi. Kalkulasi ini penting, karena PAN harus berada di gerbong yang menang. “PAN tidak asal-asalan mendukung calon, tapi PAN akan mendukung calon yang memiliki sumberdaya dan berpotensi menang,” pungkasnya.

Sementara Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc yang ditemui terpisah, mengakui jika kedatangan Ketua PAN Sumbawa HM Jabir SH MH bersama pengurus DPP, Muhammad Syafrudin ST MT untuk bersilaturahim. Keduanya sangat dekat dengannya. Syaruddin yang akrab disapa Rudy Mbojo ini menurut Bupati adalah sahabat karibnya, sedangkan HM Jabir selain keponakan juga pernah sama-sama di DPRD Sumbawa. Karena kedatangan mereka bertepatan dengan momen politik, sehingga nuansa politiknya sangat kental, terlebih lagi saat itu ikut hadir Ketua DPC Demokrat Sumbawa, Syamsul Fikri. Padahal Syamsul Fikri datang menemuinya dalam kepentingan berbeda, hanya waktunya yang bertepatan. “Ini hanya kebetulan dan tidak direncanakan,” tukasnya.

Terkait dengan indikasi dukungan PAN terhadapnya, Haji Husni—akrab politisi PDIP ini disapa, mengatakan bisa saja terjadi. Sebab ia salah satu bakal calon yang melamar di PAN. “Apakah nanti PAN dukung saya atau tidak, itu hak partai tersebut. Yang jelas saya melamar di PAN,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Hasil Empat Lembaga Survey, Mo—Novi Tertinggi

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (30/6/2020) Pilkada Sumbawa, 9 Desember 2020 mendatang, bakal diramaikan dengan para kontestan baik dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *