Sebelumnya Tiga Begal Ditembak, Kini Penadahnya Diciduk

oleh -12 views

LOMBOK TIMUR, SR (18/3/2020)

Setelah meringkus tiga begal dengan cara ditembak, kini Tim Resmob Polres Lotim menangkap penadah hasil kejahatannya. SS alias Satria (25) ditangkap di rumahnya Dusun Sempong, Desa Sepapan, Kecamatan Jerowaru, Lotim, Rabu (10/3) sore pukul 17.00 Wita. Dalam aksi begal di jalan raya jurusan Dusun Tambun dan Senyiur Lungkak, yang menyebabkan korbannya terluka akibat ditebas, Satria berperan menyediakan senjata tajam dan sepeda motor. Selain itu Satria juga yang menerima hasil kejahatan aksi begal tersebut.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto SIK M.Si dalam keterangan persnya, menyebutkan sudah 4 orang yang ditangkap dalam kasus tersebut. Sebelumnya polisi menangkap AR alias Rahman (28), HK alias Hendra (28) dan SU alias Said (19). Ketiganya terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan saat ditangkap, Senin, 16 Maret kemarin.

Dituturkannya, para pelaku yang berjumlah 3 orang melakukan aksinya pada malam hari. Ketiga begal yang dikenal sadis ini datang ke TKP berboncengan tiga menggunakan sepeda motor. Mereka berbagi peran. Said dan Rahman bersembunyi di semak-semak, sedangkan Hendra menjauh dari TKP agar sepeda motor yang digunakan tidak terlihat calon mangsanya. Tak lama melintas Zainuddin (29) korban asal Dusun Bare Kedit, Desa Pandan Wangi, Kecamatan Jerowaru, Lotim. Kedua pelaku langsung mencegat korban lalu menodongkan pisau sambil membentak agar menyerahkan barang berharganya. Karena panik korban berusaha kabur namun pelaku Rahman menebas tangan kanan korban. Tak hanya itu Said menebas leher korban namun mengenai helm korban. Akibatnya korban terjatuh. Selanjutnya para pelaku mengambil paksa barang berharga korban berupa 2 HP, dompet berisi uang tunai dan surat berharga serta sepeda motor. Usai beraksi, muncul Hendra menjemput dua rekannya lalu meninggalkan lokasi.

Baca Juga  Hendak Transaksi, Pengedar Narkoba Asal Seketeng Ditangkap

Polisi yang menerima laporan kejadian langsung bergerak. Hanya dalam waktu singkat, Tim Opsnal Polres yang diback-up Polsek Keruak dan Polsek Jerowaru, meringkus Said di rumahnya. Dari Said terungkap identitas dua rekannya. Tidak membutuhkan waktu yang lama, Rahman dan Hendra ditangkap di persembunyiannya di Desa Sepapan, Jerowaru. Saat dilakukan penangkapan pelaku memberontak dan k sehingga petugas mengambil tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan pelaku. Dari tangannya, polisi mengamankan sejumlah barang buktgi berupa sepeda motor Vario, HP, 2 bilah parang, dan dompet milik korban. “Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Lotim guna pengembangan dan proses hukum lebih lanjut,” pungkas Artanto. (SR)

DPRD DPRD