Home / Kesehatan / Novi: Pola Hidup Bersih dan Sehat Cara Sederhana Cegah Corona

Novi: Pola Hidup Bersih dan Sehat Cara Sederhana Cegah Corona

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (17/3/2020)

Merebaknya wabah Corona membuat orang waspada. Sebab penyebarannya sangat cepat. Karenanya antisipasi sangat penting, terutama dalam memproteksi diri, keluarga dan lingkungan sekitar. Salah satu caranya adalah menerakan pola hidup bersih dan sehat.

Bakal Calon Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany M.Pd memiliki kepedulian tentang hal itu. Karenanya di setiap kesempatan kunjungan silaturahimnya selalu menekankan tentang kebersihan lingkungan dan mengarahkan prilaku masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Ini sejalan dengan program strategis NTB Gemilang yang akan diadopsi oleh Sumbawa Gemilang, yakni Sumbawa bersih dan berkelanjutan.

Ia meyakini, masyarakat Sumbawa adalah masyarakat mencintai kebersihan. Ini terbukti dengan banyaknya prestasi yang dihadirkan untuk daerah baik di tingkat propinsi maupun nasional. Di antaranya Desa Berora Kecamatan Lopok meraih Juara 1 tingkat Propinsi Lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan Lomba Lingkungan Sehat. Kemudian Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu mewakili NTB di tingkat nasional untuk ajang yang sama. Belum lagi sejumlah sekolah di daerah ini berhasil meraih predikat sebagai sekolah sehat. Karenanya di tengah mewabahnya Corona, kebiasaan hidup bersih dan sehat ini menjadi sebuah keharusan dan tidak sebatas ajang prestasi semata. “Hidup bersih dan sehat  harus menjadi budaya. Karena cara ini yang bisa mencegah penyebaran virus Corona,” ucap wanita yang digandeng Drs. H. Mahmud Abdullah untuk maju pada Pilkada Sumbawa 2020.

Novi—akrab perempuan bersahaja ini disapa memberikan tips sederhana untuk menangkal wabah Corona. Di antaranya memastikan tangan selalu dalam kondisi bersih dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun. Tutup mulut saat batuk dan bersinm, masak daging dan telur hingga matang, hindari kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami gejala flu. Dan terakhir, gunakan APD (alat pelindung diri) pada saat melakukan kontak langsung dengan hewan ternak atau ular. “Intinya kembali pada diri kita sejauhmana kita memproteksi diri dan keluarga agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” demikian Novi. (SR)

Lihat Juga

Jelang Akhir Coklit, Ini Temuan Bawaslu Sumbawa

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (11/8/2020) Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih oleh KPU Sumbawa akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *