Home / Ekonomi / Mitos yang Salah “Banyak Makan Ikan Bisa Cacingan”

Mitos yang Salah “Banyak Makan Ikan Bisa Cacingan”

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (14/3/2020)

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Pulau Sumbawa, H Johan Rosihan ST menjadikan Kabupaten Sumbawa sebagai lokasi kegiatan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Dalam kegiatan yang digelar Sabtu (14/3) Politisi PKS ini menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Ini dilakukan karena tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumbawa masih terbilang rendah.

Johan Rosihan ST mengatakan sangat senang dengan keterlibatan anak-anak dalam acara Safari Gemarikan karena dari kecil anak-anak sudah dibangun mindsetnya tentang manfaat mengkonsumsi ikan. “Di Sumbawa ini banyak mitos tentang ikan yang salah, salah satunya seperti banyak makan ikan, cacingan,” sebut Johan.

Karenanya Johan berharap kegiatan Safari Gemarikan ini dapat secara perlahan-lahan memperbaiki mitos tentang makan ikan yang salah dan sudah terlanjur berkembang di tengah-tengah masyarakat. Melalui kegiatan ini anak-anak ditanamkan mindsetnya bahwa makan ikan itu sehat, makan ikan itu cerdas. Disampaikan Johan bahwa saat ini sudah mulai berkembang UKM-UKM yang membuat produk olahan ikan di Kabupaten Sumbawa. Johan berharap kepada Bupati dan perangkat daerah terkait untuk melakukan semacam affirmative action, yakni tindakan keberpihakan dari pemerintah daerah kepada para pelaku UKM dengan cara menerbitkan Peraturan Bupati Sumbawa agar Indomart, Alfamart dan pasar-pasar retail modern untuk dapat menyerap produk-produk UKM Sumbawa, baik yang berbahan dasar ikan maupun yang lainnya.

Johan juga berharap kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa agar benar-benar memanfaatkan keberadaannya di Komisi IV untuk membangun Sumbawa. “Saya sekarang ada di Komisi IV, mitranya itu Sumbawa banget, ada Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Tolong maksimalkan keberadaan saya di Komisi IV untuk bersama-sama kita bangun Sumbawa ini,” pungkasnya. (SR)

Lihat Juga

Peduli Sumbawa, Petinggi Instansi Vertikal Bertemu Bahas Persoalan Daerah

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (12/8/2020) Berbagai persoalan daerah terungkap dalam pertemuan para petinggi instansi vertical di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *