KSN tingkat Kabupaten/Kota di NTB Diikuti 3.679 Orang

oleh -67 views
Aryanti Dwiyani M.Pd, Kasi Peserta Didik dan Kelembagaan Pembinaan SMA Dikbud Provinsi NTB

MATARAM, samawarea.com (12/3/2020)

Sebanyak 3.679 orang mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kabupaten/Kota (KSN—K) di Provinsi NTB, 10 Maret 2020. Para peserta tersebar di berbagai kabupaten/kota. Untuk Kabupaten Sumbawa diikuti 439 peserta dengan lokasi pelaksanaan di SMAN 1 Sumbawa, SMAN 2 Sumbawa dan SMAN 3 Sumbawa. Lombok Utara diikuti 169 peserta yang dilaksanakan di SMAN 1 Gangga. Kemudian di KSB diikuti 232 orang dipusatkan di SMAN 1 Seteluk. Lombok Timur di SMAN 1 Selong diikuti 650 orang. Untuk Kota Mataram dan Lombok Barat diikuti 561 orang dengan lokasi pelaksanaan di SMAN 1 Narmada dan SMAN 2 Mataram. Selanjutnya Kabupaten Dompu di SMAN 1 Manggalewa dengan jumlah peserta 389 orang. Kota Bima dilaksanakan di SMAN 4 yang diikuti 192 orang, danb Kabupaten Bima 602 orang. Terakhir, Lombok Tengah diikuti 445 orang.

DPRD

Kasi Peserta Didik dan Kelembagaan Pembinaan SMA Dikbud Provinsi NTB, Aryanti Dwiyani M.Pd menyebutkan, para peserta yang mengikuti KSN tingkat kabupaten/kota ini merupakan hasil seleksi KSN di tingkat sekolah. Ada beberapa mata lomba di KSN-K 2020 ini. Yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Kebumian, Biologi, Astronomi, Ekonomi dan Geografi. Yang lolos dalam KSN-K ini, ungkap Aryanti—akrab isteri Ketua Komisi III DPRD Provinsi NTB ini, akan mengikuti seleksi tingkat Provinsi NTB yang akan digelar, 14—16 April 2020. Selanjutnya nanti para juara akan mewakili NTB di KSN tingkat Nasional yang dilaksanakan di Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung, 21—27 Juni 2020.

Baca Juga  Catat Sejarah, SMPN 1 Badas Juara LPI Keenam Kali

Dijelaskan Aryanti, KSN ini diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi, dan matematika, juga wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cinta tanah air. Melalui KSN juga diperoleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan diikutsertakan dalam Kompetisi sains internasional. (SR)

DPRD DPRD