Jelang Pilkada, Dukcapil KSB Catat 1.631 Pemilih Pemula

oleh -3 views

SUMBAWA BARAT, SR (12/3/2020)

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mencatat sebanyak 1.631 orang pemilih pemula pada Pilkada Sumbawa Barat. Mereka sudah genap berumur 17 tahun dari tanggal 1 Januari hingga 23 September 2020 dan berhak memiliki KTP sebagai alat untuk memilih kepala daerah pada Pilkada serentak 2020. “Semua nama pemilih pemula ini sudah kami kirimkan kepada masing-masing desa untuk dihubungi dan diakomodir agar melakukan perekaman ke Dukcapil,” kata Kadis Dukcapil Sumbawa Barat, Ibrahim S.Sos yang ditemui belum lama ini.

Pihaknya juga turun ke desa-desa untuk memberikan pelayanan. Ia berharap kepada pemerintah desa untuk mengarahkan masyarakatnya melakukan perekeman ketika timnya turun ke desa. “Jumlah tim kami terbatas dan tidak bisa setiap waktu turun ke lapangan. Jadi mohon kerjasamanya,” harap Ibrahim.

Untuk memudahkan dalam proses pemilihan (Pilkada) nantinya, semua daftar pemilih pemula sudah direkam. Ketika usianya sudah genap 17 tahun barulah KTP itu dibagikan. “Misalnya ada pemilih pemula yang sudah direkam tapi umurnya sebulan lagi baru genap 17 tahun, maka KTP-nya sebulan lagi baru kita bagikan,” ujarnya.

Dalam pelayanan Ibrahim memastikan semua urusan akan diselesaikan dalam satu hari, terlebih lagi KTP yang dianggap tidak ribet kecuali ada kerusakan sistem. “Komitmen kami dalam pelayanan walaupun jam kerja sudah habis tapi masih ada berkas yang belum diselesaikan maka akan dihabiskan sampai tidak ada berkas yang tersisa. Makanya kami sering pulang telat demi mewujudkan pelayanan yang cepat tanpa ribet,” tandasnya.

Baca Juga  KPU KSB Telah Menerima Kotak Suara dan Tinta

Mengenai kesediaan blanko KTP, Ibrahim menyatakan sampai saat ini masih aman, bahkan sangat cukup untuk mencetak KTP pemilih pemula yang jumlahnya 1.631 orang. Pihaknya akan terus mengawal dan memastikan 1.631 orang ini bisa memiliki KTP dan bisa memilih pada Pilkada 23 September 2020. (HEN/SR)

iklan bapenda