Segera Terungkap ! Kendaraan dan Helm Terduga Pelaku Skimming Ditemukan

oleh -19 views
Kasat Reskrim Polres Sumbawa, IPTU Faisal Afrihadi SH

SUMBAWA BESAR, SR (12/3/2020)

Kasus skimming yang meresahkan nasabah Bank BNI dan Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa, bakal segera terungkap. Pasalnya pihak kepolisian sudah mengantongi ciri-ciri yang mengarah ke terduga pelaku. Bahkan sejumlah barang bukti terkait terduga pelaku, sudah diamankan jajaran Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa.

Kapolres Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, IPTU Faisal Afrihadi SH usai rapat Gakkumdu di Kantor Bawaslu Sumbawa, Kamis (12/3), mengakui kendaraan yang digunakan terduga pelaku sudah diamankan. Selain itu helm terduga yang identik dengan data yang dikantongi polisi juga sudah diamankan. Untuk langkah selanjutnya, penyidik sudah berkoordinasi dengan pihak bank dan Imigrasi Sumbawa. Demikian dengan hotel yang diduga tempat menginap orang yang diduga sebagai pelaku. Untuk menguatkan bukti-bukti yang ada, ungkap Kasat Faisal, pihaknya masih melakukan pendalaman. Terkait dengan keberadaan terduga saat ini, mantan Kasatres Narkoba ini enggan untuk mengatakannya. “Masih kita dalami juga. Semoga dalam waktu dekat bisa terungkap,” ujarnya.

Kasat Faisal juga mengaku masih mendalami apakah terduga pelaku ini adalah orang yang sama dalam kasus skimming nasabah BNI dan Bank NTB Syariah.

Seperti diberitakan SAMAWAREA yang dilansir 10 Maret 2020, menyebutkan bahwa pelaku tindak kejahatan pencurian dana nasabah bank dengan modus skimming diduga warga negara asing (WNA). Hal ini berdasarkan hasil rekaman CCTV. Dalam melancarkan aksinya, pelaku memasang mesin alat penyadap pada tengah malam. Mereka juga tidak melepas begitu saja kamera CCTV di pin pad dan alat penyadap di dalam booth mesin ATM, tapi membukanya setelah pagi hari (subuh). Sehingga tidak bisa dideteksi oleh petugas patroli ATM dan petugas cleaning service yang memang ditugaskan setiap waktu memeriksa dan mengecek mesin ATM yang dimiliki Bank NTB Syariah.

Baca Juga  Wakil Pimpinan Bank NTB Alas Ditahan Jaksa

Untuk diketahui, sekitar 30-an nasabah Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa menjadi korban skimming. Dalam waktu yang hampir bersamaan juga menimpa nasabah Bank BNI Sumbawa. Tercatat laporan yang masih mencapai 76 nasabah. Munculnya kasus ini, pihak bank langsung melakukan pemblokiran terhadap ratusan rekening dan ini berlangsung tidak terlalu lama. Pihak bank juga menjamin akan mengganti kerugian nasabah yang menjadi korban skimming. (JEN/SR)

iklan bapenda