Bupati: Muara Aktivitas Pembangunan Mensejahterakan Masyarakat

oleh -79 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (11/3/2020)

Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc mengatakan, bahwa penyelenggaraan Rakor pembangunan tahun 2020 merupakan momen yang strategis. Antara lain untuk membangun komitmen dalam rangka menciptakan keserasian antara pelaksanaan kegiatan dengan rencana kerja yang telah disusun sekaligus untuk akselerasi pelaksanaan program pembangunan di tahun anggaran 2020. Muara dari segala aktivitas pembangunan adalah untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat. “Semoga apa yang sudah kita rencanakan di tahun 2020 dapat berjalan secara efektif dan efisien,” kata Bupati saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tahun 2020, Launching Aplikasi Sirms Versi 2020 dan aplikasi ESHB serta Desa Binaan Tahun 2020, Rabu (11/3) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa. Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa, para staf ahli Bupati, pimpinan perangkat daerah, Kabag dan Kasubbag Lingkup Sekretariat Daerah, Camat, Lurah dan kepala desa yang menjadi desa binaan Tahun 2020.

Bupati menekankan khusus untuk dana alokasi khusus (DAK) dan dana yang sifatnya bantuan dan lainnya agar tetap memperhatikan aturan–aturan pelaksanaan yang dikeluarkan oleh kementerian terkait pada masing-masing bidang DAK. Termasuk aturan perencanaan dan pelaporan untuk penyaluran anggaran dari Kementerian Keuangan. Hal ini sangat penting untuk menghindari sanksi yang diberikan oleh pemerintah pusat yang disebabkan karena tidak tertib dalam pelaporan penggunaan dana DAK dan bantuan lainnya.

Baca Juga  Gubernur Dukung BNN Masifkan Desa Bersinar di NTB

Di akhir sambutannya bupati berharap kepada OPD yang capaian realisasi fisik maupun keuangannya belum maksimal, agar dapat meningkatkan kinerjanya untuk mencapai target sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dan melakukan monitoring secara terpadu antar OPD terkait bersama–sama dengan Bagian pembangunan, Inspektorat dan juga OPD teknis.

Sebelumnya Kabag Pembangunan Sekda Sumbawa Usman SE., ME melaporkan bahwa maksud diadakan Rakor Pembangunan ini adalah sebagai sarana monitoring dan evaluasi terhadap semua kegiatan pembangunan sehingga dapat menjamin bahwa pelaksanaan pembangunan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Selain itu untuk mengenali dan mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan baik secara administrasi, keuangan maupun fisik.

Baca Juga  Tata Taman Transito Lempeh, Mahasiswa KKN UMMAT Rancang Grand Design

Untuk diketahui Rakor ini dilanjutkan dengan Launching aplikasi SIRMS versi 2020, aplikasi ESHB dan Desa Binaan yaitu Desa Marente Kecamatan Alas, Desa Jorok Kecamatan Utan, Desa Karang Dima Kecamatan Badas, Desa Labuhan Ijuk Kecamatan Moyo Hilir, Desa Mama Kecamatan Lopok, Desa Bunga Eja Kecamatan Empang, Desa Labuhan Jambu Kecamatan Tarano dan Desa Lawin Kecamatan Ropang. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *