Setelah Sebotok dan Medang, Dishub Rencanakan Dermaga Labuan Aji

oleh -43 views
Dermaga Medang

SUMBAWA BESAR, SR (11/3/2020)

Dermaga di dua desa wilayah Pulau Moyo, Kecamatan Badas, Kabupaten Sumbawa, sudah terbangun. Sebelumnya Dermaga Sebotok, dan belum lama ini Dermaga Medang tuntas dikerjakan. Pengerjaan Dermaga Medang senilai Rp 11 milyar tersebut selesai dikerjakan PT Jaya Ciplak pada 15 Februari 2020 lalu setelah adanya perpanjangan waktu. Hal ini diakui Kadis Perhubungan Kabupaten Sumbawa, Drs. Abdul Azis M.Si yang ditemui di Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (11/3).

DPRD

Dengan selesainya pengerjaan, Azis mengatakan, dermaga itu sudah dapat digunakan warga setempat untuk bersandarnya kapal barang dan penumpang. Karena dermaga ini dibuat untuk memudahkan dan melancarkan arus transportasi laut masyarakat. Nantinya Pemda Sumbawa melalui Dinas Perhubungan akan menyerahkan pengelolaan dermaga itu kepada pemerintah desa. Setelah penyerahan ini, dermaga itu akan menjadi sumber pendapatan desa termasuk dialokasikan bagi pemeliharaan dermaga.

Dermaga Medang

Sebenarnya diakui Azis, Dermaga Sebotok dan Dermaga Medang direncanakan untuk dikerjakan secara bersamaan pada Tahun 2017 lalu. Sebab keberadaan dermaga itu merupakan janji Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc saat kampanye. Namun saat itu dana DAK Afirmasi Kementerian Desa dan PDT terbatas, sehingga didahulukan pengerjaan Dermaga Sebotok. Ke depan pihaknya sudah merencanakan pembangunan Dermaga Labuan Aji. Rencana ini seiring dengan adanya usulan melalui Musrembang. “Kalau saya berpikir Dermaga Labuan Aji sangat representative karena ramai, sebab di sana ada obyek wisata vital yakni Amanwana, di samping Air Terjun Mata Jitu. Dan keberadaan dermaga ini untuk mendukung pariwisata,” ujar Azis.

Baca Juga  Presiden Luncurkan Portal Peduli WNI

Karenanya Ia akan mengusulkan pembangunan Dermaga Labuan Aji ke Kemendes PDT. Jika disetujui, maka pengerjaannya dapat dilaksanakan pada Tahun 2021. “Secepatnya kita komunikasikan dengan Kemendes PDT. Apabila disetujui, kita akan menyiapkan DED nya,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

DPRD DPRD