Pembobol Dana Nasabah Bank NTB Syariah Diidentifikasi WNA

oleh -13 views
ilustrasi

SUMBAWA BESAR, SR (10/3/2020)

Bank NTB Syariah telah melaporkan tindak kejahatan pencurian dana nasabah bank dengan modus skimming kepada pihak kepolisian. Berdasarkan hasil rekaman CCTV, pelaku terduga skimming mesin ATM milik Bank NTB Syariah, adalah warga negara asing (WNA).

Branch Manager Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa, Dra. Nining Kurniati yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/3) mengakui hal itu. Pelaku yang diidentifikasi WNA ini melancarkan aksinya dengan cara memasang mesin alat penyadap pada tengah malam. Mereka juga tidak melepas begitu saja kamera CCTV di pin pad dan alat penyadap di dalam booth mesin ATM, tapi membukanya setelah pagi hari (subuh). Sehingga tidak bisa dideteksi oleh petugas patroli ATM dan petugas cleaning service yang memang ditugaskan setiap waktu memeriksa dan mengecek mesin ATM yang dimiliki Bank NTB Syariah. “Kami berharap nasabah tidak panik dan risau. Karena kami sudah menangani masalah skimming ini dan nasabah tidak akan dirugikan,” kata Nining—sapaan Manager Bank murah senyum ini.

Wanita berjilbab dan berkacamata ini mengajak nasabah Bank NTB Syariah untuk tetap waspada dan cerdas saat melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM. Pertama, saat menekan nomor pin di pin pad, nasabah harus menutupnya dengan punggung tangan sebelahnya. Kemudian, jika ada terjadi kartu ATM tertelan masuk ke mesin, nasabah tidak perlu panik melainkan dibiarkan saja masuk dan sebaiknya mendatangi kantor Bank NTB Syariah terdekat untuk melapor dan membuat kartu ATM baru. Nasabah juga harus jeli memperhatikan nomor call center yang terpasang di kaca mesin ATM. “Bisa saja call center palsu dipasang oleh pelaku tindak kejahatan perbankan. Jika menelpon call center nasabah jangan pernah memberitahukan nomor Pin ATM. Apabila diarahkan ke Pin ATM, sebaiknya telpon ditutup atau dimatikan,” kata Nining, seraya menyatakan bahwa pihaknya akan mengintensifkan lagi pengawasan mesin ATM untuk menjamin keamanan transaksi nasabah. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Tertarik Potensi NTB, Dubes Malaysia Bertemu Gubernur