Tumpahan Solar PLTD Boak Cemari Persawahan, DLH Turun Tangan

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (7/3/2020)

Tumpahan bahan bakar jenis solar miliki PLTD Boak, Desa Boak Kecamatan Unter Iwsi, Jum’at (6/3) kemarin, meresahkan masyarakat setempat. Pasalnya keberadaan tumpahan minyak itu mencemari lingkungan terutama tanaman warga. Terhadap adanya keluhan itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa turun tangan dengan mendatangi lokasi dan bertemu dengan Pimpinan PLTD dan unsur pemerintah desa.

Kadis Lingkungan Hidup Sumbawa, Abdul Haris S.Sos yang dihubungi, Sabtu (7/3), mengakui adanya kejadian itu. Kondisi tersebut disebabkan karena tumpahan bahan bakar saat dilakukan pengian tangki bahan bakar di PLTD. Setelah tumpaham terjadi diiringi dengan turunnya hujan lebat dan membawa bahan bakar tumbahan mengalir ke wilayah persawahan.

Terkait kejadian tersebut, kata mantan Kabag Pertanahan Setda Sumbawa, pihak PLTD dan pemerintah desa bersepakat untuk mengidentifikasi lokasi terdampak dan siap untuk bermusyawarah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tumpahan BBM itu menurut Abdul Haris, sifatnya masih dapat dibersihkan PLTD. Manajemen setempat akan berusaha melakukan pembersihan tumpahan ini. “Kesepakatan ini tertuang dalam berita acara sebagai bentuk kesepakatan guna penyelesaian secara musyawarah,” pungkasnya. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Tebas Kakak Beradik, Seorang Pemuda Dihakimi Massa