Travel Agents Memuji Potensi Wisata Sumbawa, Ini Testimoninya

oleh -27 views

SUMBAWA BESAR, SR (3/3/2020)

Sekitar 200 travel agent yang mengikuti Lombok Travel Mart (LTM) ke-7 telah menikmati keindahan pesona pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang digelar Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB ini mengusung tema “Magical Moyo”. Karena para travel agent tersebut mengunjungi sejumlah obyek wisata salah satunya Pulau Moyo dengan air terjun Mata Jitunya. Selain itu para peserta LTM ini juga menyambangi Air Terjun Agal di Marente Kecamatan Alas. Peserta pun memberikan tanggapan positif baik dari spot, perjalanan maupun pelayanan yang diberikan pemerintah provinsi dan kabupaten.

Fransisca dari Travel Agent Eralink Indonesia memberikan testimoninya. Menurutnya susunan acaranya bagus dan terkoordinasi dengan baik. Mengenai destinasi andalan Pulau Moyo yang diangkat dalam LTM7 ini dinilai sangat indah dan benar-benar asri. “Ada banyak spot-spot foto yang bagus, walaupun perjalanan menuju ke lokasi sedikit menegangkan dan memacu adrenalin,” kata Fransisca.

Ia juga memuji kiprah panitia yang memberikan pelayanan yang full, ramah dan professional. “Saya sangat bangga dan terharu atas kerja keras dan pengorbanan semua panitia, baik yang barisan depan maupun bagian belakang,” ucapnya.

Bukan hanya Pulau Moyo, Fransisca juga memuji keindahan Desa Marente yang didukung keramahan penduduknya. Ia juga sempat menikmati berbagai produk seperti kopi dan kayu kebo, di samping makanan lokal yang menggugah selera. “Saya sangat senang menikmati masakan lauk pauk dan kue-kue tradisional local dari penduduk di Marente yang sangat ramah,” ujarnya.

Secara umum ia memberikan masukan terkait tournya tersebut. Fransisca berharap akses ke Air Terjun  Mata Jitu dapat dibuatkan jalan yang bagus dan disediakan motor bagi tamu usia muda atau mobil untuk tamu berusia lanjut. “Kami siap memberikan order tour bagi panitia dan masyarakat, serta bersama-sama memajukan tour domestic. Saya yakin siapa yang menabur kebaikan akan menuai kebaikan pula di kemudian hari,” tutup Fransisca.

Baca Juga  Lestarikan Hiu Paus di Teluk Saleh, Direktur CI Temui Bupati Sumbawa

Oppy Intan S dari Manis Tour Travel Bandung juga menyampaikan hal yang sama. Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia LTM khususnya keluarga besar NTB atas undangan, jamuan, pelayanan dan ilmu yang diterima. Iapun siap untuk memajukan tour domestic terutama di NTB khususnya Sumbawa. “Untuk pelaksanaan LTM 7 seperti biasa luar biasa. Panitia solid banget, super kompak. Akomodasi oke, nyaman, transport oke, mobil bersih, driver rapi, menyetir dengan baik dan ramah,” kata Ni Nyoman Sukmayanti Travel Agent Bali Reservasi.

Ni Nyoman memberikan masukan untuk pemerintah daerah terutama di Sumbawa, agar penerbangan dari dan ke Sumbawa, ditambah. Demikian dengan operator seluler, karena di beberapa tempat terutama Pulau Moyo sama sekali tidak ada signal XL, sehingga membuat mereka kesulitan untuk memposting atau menyebarkan keindahan alam Sumbawa secara langsung dan cepat. Kemudian jalan menuju Mata Jitu diperbaiki tidak hanya untuk kenyamanan juga untuk keselamatan tamu. Perlu ada fasilitas toilet dan ganti baju di tempat wisata. Selain itu lebih sering menggelar event-event menarik di Sumbawa sebagai daya tarik wisatawan. “Semoga lekas masuk Gojek/Grab di Sumbawa untuk mempermudah transportasi dan mencicipi kuliner khas Sumbawa,” harapnya.

Nur Faizura Iskandar dari Travel Agent Al Ikhlas Travel dan Tour SDN BHD Malaysia, menilai susunan acara dalam LTM7 ini terbaik dan mantap. Ia menilai destinasi andalan Pulau Moyo paling sesuai dalam LTM7 kali ini, karena sangat indah dan benar-benar asri. Ada banyak lokasi foto yang bagus, meski perjalanan menuju lokasi agak jauh. “Jurupandunya sangat berpengalaman dan memberi kerjasama yang jitu dan profesional. Saya sangat bangga dan terharu atas kerja keras dan pengorbanan semua jurupandu,” cetusnya.

Baca Juga  Arpusda dan CCFI Kerjasama Kembangkan Perpuseru

Berikutnya Diki Ari Sandi dari Travel Agent Ashanty Tour & Travel. Menurutnya acara tersebut keren, dari awal hingga akhir tidak mengecewakan. Transport dan akomodasi semua terkoordinasi dengan baik. Panitianya kompak dan terorganisir. Tentunya ucapan terima kasih atas dukungan Pemprov NTB untuk suksesnya kegiatan tersebut. Ia berharap LTM selanjutnya lebih sukses.

Nining dari Alana Tour & Travel (Bandung), menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTB yang telah mensupport pelaksanaan LTM. Ucapan yang sama juga kepada segenap panitia, karena acaranya terlaksana dengan baik, lancar dan sangat berkesan. Ia selaku travel agent bisa membawa banyak tamu karena di Lombok dan Sumbawa banyak sekali tempat-tempat wisata yang luar biasa. “Mohon untuk sarana prasarana lebih diperbaiki untuk memudahkan dan demi kenyamanan wisatawan,” kata Nining memberikan masukan.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc meminta Kadis Pariwisata Sumbawa untuk memperhatikan masukan-masukan dari para travel agent yang baru saja mengikuti LTM7, terutama fasilitas atau sarana prasarana yang mendukung potensi wisata yang ada. Gubernur menawarkan jika ada yang dibutuhkan dan memerlukan dukungan, Provinsi siap membantu. “LTM7 ini kami laksanakan bekerjasama dengan ASPPI NTB sebagai salah satu cara kami Pemda NTB mempromosikan desa-desa wisata kita ke para travel agents yang kemudian akan membuat program dan lain-lain ke cliens-nya masing-masing,” pungkasnya. (JEN/SR)

DPRD DPRD