Tak Terinfeksi Corona, Turis Rusia Tetap Diisolasi di RSMA Sumbawa

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (3/3/2020)

Meski hasil pemeriksaan medis tidak ditemukan tanda-tanda mengidap Corona, namun MP (39) turis asal Rusia, tetap diisolasi dalam ruangan khusus di Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa. Turis ini merupakan pasien rujukan Puskesmas Alas Barat, setelah ditemukan warga, pingsan di pinggir jalan. Karena riwayat perjalanan turis ini sempat mampir di Thailand dan Italia, maka penanganannya dilakukan secara khusus dan sesuai SOP.

Dokter Spesialis Paru RSMA Sumbawa, dr I Dewa Putu Ardana dalam keterangan persnya, Selasa (3/3/2020) mengakui penanganan pasien asal Rusia ini dilakukan secara khusus sesuai SOP. Karena pihaknya sudah mempersiapkan diri dari awal guna mengantisipasi kasus-kasus yang sedang booming ini. Hal ini dilakukan untuk kewaspadaan. “Begitu ada kasus, langsung bisa ditangani dan tidak perlu ada kepanikan, dan kewaspadaannya tetap terjaga,” kata dr Putu.

Ia juga mengakui pasien tersebut datang dengan keluhan demam, tapi tidak ada tanda-tanda terjadinya infeksi saluran pernafasan. “Kita konfirmasi dengan hasil laboratorium, hasil foto rontgen walaupun pasien sempat menolak, tapi dengan alasan yang kita berikan akhirnya dia bersedia melakukan sesuai prosedur. Hasilnya normal untuk infeksinya. Yang ada, sesuai yang dia rasakan yaitu demam, diare, mual dan muntah. Ini masalah pencernaan. Fungsi hatinya masih normal semua,” jelas dr Putu.

Karena itu Ia berkesimpulan bahwa tidak ditemui tanda-tanda Corona. Kendati demikian Diare dan demam yang dideritanya tetap ditangani dan kondisinya sudah membaik. Tapi pasien tersebut belum diizinkan pulang dan tetap berada di ruang isolasi. (JEN/SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Tiga Pasangan Calon Pilkada Sumbawa Ikut Tes Kesehatan