Besok, 119 Desa di Sumbawa Gelar Pilkades Serentak  

oleh -8 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PMPD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (3/3/2020)

DPRD

Rabu (4/3/2020) besok, adalah hari yang menentukan siapa pemimpin di 119 desa wilayah Kabupaten Sumbawa. Pasalnya, pada hari itu digelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Pemilihan itu setelah para calon melewati berbagai tahapan termasuk masa tenang selama tiga hari. Agar pelaksanaan pesta demokrasi 6 tahunan ini berjalan aman dan lancar, seluruh OPD dilibatkan dalam melakukan pemantauan. Hal ini disepakati dalam pertemuan yang dipimpin Bupati Sumbawa dan dihadiri Kapolres, Dandim dan Kajari Sumbawa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro S.Sos M.Si yang ditemui wartawan, mengakui hal itu. Dikatakannya, Bupati Sumbawa sudah menginstruksikan seluruh OPD untuk memback-up pelaksanaan Pilkades, mengingat banyaknya desa yang melaksanakan Pilkades serentak di tahun 2020. “Kalau tahun 2018 lalu hanya 25 desa yang melaksanakan Pilkades. Jumlahnya jauh lebih sedikit sehingga dapat kami back-up tanpa melibatkan OPD lainnya,” aku Varian.

Pelibatan semua OPD dalam pelaksanaan Pilkades 2020 ini, lanjut Varian, sudah pernah diterapkan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018 lalu. Dan pelaksanaannya berjalan aman dan lancar, serta tidak ada permasalahan.

Lebih jauh dijelaskan Varian, pada Pilkades nanti, semua OPD melakukan monitoring terhadap pelaksanaan Pilkades. Ketika muncul gangguan atau persoalan di lapangan, OPD akan menjadi fasilitator antara masyarakat, calon kades, BPD, maupun panitia Pilkades. “Jadi tidak asal bertindak, OPD nanti akan diberi petunjuk apa yang harus dilaksanakan di lapangan, juga batasan-batasannya, dan tetap berkoordinasi dengan Camat yang wilayahnya dilaksanakan Pilkades,” ujarnya.

Baca Juga  Pansus Ungkap Sejumlah Proyek Bermasalah

Selain melibatkan OPD, Varian mengaku juga berkoordinasi dengan Kapolres dan Dandim 1607 Sumbawa. Keberadaan Polisi dan TNI ini untuk menangani kejadian di luar urusan inti pelaksanaan pilkades. “Kita tetap menjaga agar pelaksanaan Pilkades berlangsung kondusif. Tentunya sangat diharapkan dukungan semua pihak terutama masyarakat,” pungkasnya. (SR)

DPRD DPRD