Jalan Putus Diterjang Banjir, Lalulintas Tiga Desa Terganggu

oleh -0 views

SUMBAWA BESAR, SR (1/3/2020)

Arus lalulintas dari dan ke wilayah Pamunga Desa Usar, Prode 2 dan Prode 3 Kecamatan Plampang, terganggu. Jalan dan deker menuju tiga desa tersebut putus dan terbawa air. Ini disebabkan hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Plampang dalam beberapa hari ini. Keadaan ini sebenarnya sudah menjadi derita rutin masyarakat setempat di setiap musim penghujan.

Kepala Dusun Pamunga, Suprianto Bate yang ditemui wartawan SAMAWAREA Biro Sumbawa bagian Timur, mengakui lokasi tersebut setiap tahun menjadi sasaran dan tetap dilakukan perbaikan dengan membangun talut dan deker. Penanganan ini tidak bertahan lama karena ketika banjir datang kembali amblas dan hilang. Ia berharap di lokasi tersebut dibangun jembatan limpas. Jika tidak dilakukan maka peristiwa serupa akan tetap terjadi.

Amaq Rizal—tokoh masyarakat Prodes 2 juga mengakuinya. Menurutnya jalan tersebut menjadi satu-satunya jalan menuju tiga desa itu. Jalan itu juga merupakan urat nadi ekonomi masyarakat. Namun sangat disayangkan karena lokasi ini setiap tahun menjadi korban terjangan banjir berkapasitas besar. “Kalau bangun deker skala kecil harusnya bangun jembatan agar kami tidak sampai terjebak banjir. “Tolong wakil rakyat kami di DPRD dan pemerintah melalui dinas instansi terkait segera turun tangan,” pintanya. (BUR/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Banjir Susulan, Warga Bantaran Sungai Mengungsi