Gubernur: Lulusan UTS Harus Berani Berkompetisi di Eropa

oleh -16 views

SUMBAWA BESAR, SR (1/3/2020)

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah berharap agar lulusan UTS memiliki keberanian berkompetisi dan bersaing untuk menuntut ilmu di Eropa. Ia mengatakan bahwa siapapun dan darimanapun mereka berasal yang penting memiliki koneksi dengan NTB, memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan studi pascasarjananya di luar negeri. Apalagi saat ini Pemerintah Provinsi NTB menyediakan beasiswa bagi seluruh anak-anak NTB yang memiliki keberanian untuk meraih mimpi di Eropa atau luar negeri. “Mudah-mudahan mayoritas lulusan UTS berani melamar untuk berkompetisi, bersaing, terutama di seluruh Eropa,” harap Gubernur yang akrab disapa Bang Zul penuh semangat pada Sidang Senat Terbuka dan Wisuda Program Sarjana (S1) UTS itu.

Dengan modal Pendidikan yang kuat dan pengalaman yang luas serta rasa nasionalisme yang tinggi, lanjut Bang Zul, maka Indonesia akan memiliki modal bagi estafet kepemimpinan Indonesia di masa mendatang.

“Misi yang digagas para founder UTS dulu adalah melahirkan pemimpin masa depan Indonesia. Dari kampus UTS ini akan terbentuk dan lahir pemimpin yang membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Sebab, para lulusan UTS ini, tidak hanya berasal dari NTB. Namun juga dari seluruh provinsi di Indonesia,” tegasnya saat menyampaikan arahan sekaligus memantik semangat para lulusan UTS, Minggu (1/3/2020). Hadir mendampinginya, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M.,Sc, yang juga Ketua Yayasan Dea Mas.

Baca Juga  Wujudkan Pemilu PANDAI, KPU Minta Media Massa Netral dan Informatif

Dalam kesempatan itu, Bang Zul menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas pengorbanan para orang tua dalam mendidik dan memberikan semangat mereka untuk meraih kesuksesan. “Saya perlu ceritakan kepada adik-adik, anak-anak yang lulus, walaupun orang tua adik-adik semua tidak berlebihan secara ekonomi mungkin. Tapi tidak usah diragukan bahwa kasih sayang cintanya itu melebihi apa yang anda bayangkan dulu,” ungkap Bang Zul di hadapan 113 wisudawan dan ratusan orang tua yang hadir.

Sementara itu, Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc mengatakan bahwa kunci kesuksesan yang harus dipegang adalah disiplin dan etika. Kedua hal ini merupakan bagian penting bagi kesuksesan para wisudawan di masa mendatang. Ia juga menyampaikan obsesinya untuk meningkatkan SDM masyarakat Sumbawa. Karena itu lanjutnya, pendidikan dasar menengah hingga perguruan tinggi SDM Sumbawa juga harus memiliki daya saing lokal dan global untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam secara optimal. “Upaya yang kami lakukan adalah meningkatkan SDM, pembangunan infrastruktur dan pertanian dalam arti luas, yang tujuan akhirnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat Sumbawa. Dalam hal ini keberadaan Universitas Teknologi Sumbawa dan para sarjana yang dihasilkannya akan sangat penting dan bonus demografi tahun 2020-2030 tidak lama lagi,” jelasnya.

Untuk menghadapi itu katanya, para lulusan UTS dipacu untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi, menjadi pelopor dan penggerak di berbagai sektor pembangunan sesuai dengan minat bakat dan profesi. “Sumbawa akan senantiasa menunggu bagaimana kemampuannya mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama duduk di perguruan tinggi. Semoga melalui momentum wisuda kali ini akan melahirkan orang-orang muda yang aktif dan berprestasi,” katanya. (SR)

iklan bapenda