Satpol PP Tertibkan PKL Depan Bandara dan Karaoke di Taman Kota

oleh -85 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (9/2/2020)

Dinas Pol PP Kabupaten Sumbawa bergerak cepat dalam merespon keluhan masyarakat, termasuk Anggota DPRD Sumbawa. Ini terkait dengan keberadaan PKL yang menjajakan dagangannya di sepanjang Jalan Garuda khususnya depan bandara. Selain dinilai mengganggu arus lalulintas, keberadaan PKL itu juga mengganggu pejalan kaki karena menggunakan trotoar untuk berdagang. Terhadap keluhan itu, Sabtu (8/2) malam kemarin, satu pleton anggota Satpol PP yang dipimpin Kasi Opdal, Mukhtamarwan S.Pt dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penertiban.

Kadis Pol PP Kabupaten Sumbawa, H. Sahabuddin S.Sos M.Si dalam keterangan persnya mengaku sudah melakukan penertiban. Sebelumnya para pedagang yang telah terdata sebanyak 6 penjual buah ini sudha diingatkan agar tidak menggunakan trotoar dan menjaga kebersihan. Hal ini dibuktikan dengan dibuatkannya surat pernyataan. Dalam pernyataan itu juga waktu berdagang juga dibatasi dari pukul 15.00 hingga 21.00 Wita. Karena masih adanya keluhan dan dinilai melanggar kesepakatan, akhirnya satu regu anggotanya dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penertiban. Tidak hanya melakukan penertiban PKL depan Bandara, Haji Sahabuddin juga mengaku anggotanya menggelar patroli dalam kota, menertibkan dan menghimbau para pedagang di sejumlah titik. Demikian di beberapa taman kota dan tempat tongkrongan anak-anak muda juga disambangi. Ini dilakukan untuk memantau penggunaan dan peredaran miras, senjata tajam serta tindakan lain yang berpotensi terjadinya gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat.

Khusus untuk pemilik lapak karaoke di Taman Mangga, Mukhtamarwan “Wawe” menambahkan sudah diberikan peringatan agar menghentikan kegiatannya pada pukul 22.00 Wita. Sebab selama ini aktivitasnya hingga pukul 00.00 Wita sangat mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar. “Kami akan merespon semua keluhan masyarakat yang termasuk dalam tupoksi kami. karena itu kami berharap kerjasamanya minimal dalam memberikan informasi agar kami sigap melakukan tindakan,” pungkas Wawe—sapaan akrab atlit Boxer ini. (JEN/SR)