PUPINKA dan Penyandang Disabilitas Kolaborasi Ciptakan Lingkungan Bersih

oleh -7 views

Gandeng Mapala UTS

SUMBAWA BESAR, SR (24/2/2020)

Lingkungan bersih menjadi harapan masyarakat. Dengan kebersihan maka kesehatan akan tercipta. Hal inilah yang mendorong para pemuda yang tergabung dalam Pustaka Pinggir Kali (PUPINKA) RW 03 Kelurahan Bugis kembali menggelar Diskusi Pengelolaan Sampah dan Penataan Bantaran Sungai, Minggu (23/2/2020). Kegiatan hasil kolaborasi PUPINKA dengan Persatuan Penyandang Disabilitas ini dihadiri Camat Sumbawa, Hikmawan SH., M.Si, Lurah Bugis Zulkarnain SAP, Pembina Mapala Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Junaidin S.Pd., M.P.Si, Perwakilan Dispusip, PPK Kelurahan, Tim PLAN Internasional dan Karang Taruna Kecamatan ini diawali dengan senam bersama dan gotong royong.

Ketua PUPINKA, Memet Satria Wirawan mengatakan, bahwa kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dan disupport penuh Rumah Sakit Surya Medika PKU Muhammadiyah Sumbawa. Dipusatkannya kegiatan ini di wilayah RW 003 Kelurahan Bugis, ungkap Memet—sapaan akrabnya, selain berada di tengah kota, lingkungan setempat tidak tersentuh program-program pemerintah yang berkaitan dengan pengelolaan sampah. Tak hanya itu, pemukiman warga setempat kian sempit, akibat tebing pengaman sungai terkikis secara terus menerus. Ini terjadi karena tidak adanya pengaman sungai dalam bentuk talud maupun bronjong. Untuk itu melalui kegiatan tersebut, menjadi ikhtiar bersama dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Di bagian lain Ia menyampaikan terima kasih kepada para penyandang disabilitas yang penuh semangat ikut menginisiasi kegiatan ini dan siap mendukung program-program pemerintah terkait dengan kebersihan. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Rumah Sakit Surya Medika yang mendukung penuh kegiatan tersebut. Demikian dengan Camat, Lurah, Mapala UTS dan masyarakat yang ikut serta menyukseskan acara ini.

Baca Juga  Gubernur Minta Mahasiswa Menjadi Kelompok Penebar Inspirasi

Sementara itu Camat Sumbawa, Hikmawan SH M.Si mengatakan, kegiatan PUPINKA sejalan dengan misinya untuk menciptakan Sumbawa Bersih. Karenanya ia mendukung kegiatan tersebut dan berjanji akan menfokuskan beberapa program pengembangan kota di wilayah “PUPINKA” RW 003 Kelurahan Bugis.

Di tempat yang sama Evi dari Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Sumbawa mnenyatakan kesiapannya membantu PUPINKA dalam berbagai macam kegiatan, salah satunya memberikan tambahan buku sekaligus mengajak berkolaborasi dalam mengembangkan literasi.

Junaidi S.Pd M.P.Si dari UTS menyebutkan bahwa sampah adalah permasalahan yang cukup serius serius dan harus segera diatasi. Sampah bisa menjadi berkah dan menjadi sumber penghasilan masyarakat jika dikelola dengan baik. “Kami siap memberikan dukungan untuk mewujudkannya,” pungkasnya. (SR)

iklan bapenda