Dukung Zero Waste, Karang Taruna SEBASA Gelar Lomba Bak Sampah Unik

oleh -13 views

SUMBAWA BESAR, SR (24/2/2020)

Menjadikan lingkungan bersih dan bebas sampah, terus dilakukan warga Karang Bage Kelurahan Bugis, Kabupaten Sumbawa. Selain rutin menggelar gotong-royong untuk membersihkan lingkungan pemukiman, warga setempat juga melakukan hal-hal yang inovatif dalam rangka mendukung Program Pemerintah Kabupaten “Ingo Roro Kokat” dan Zero Waste–program unggulan pemerintahan Zul Rohmi menuju NTB Gemilang. Seperti menggelar Lomba Pembuatan Bak Sampah Unik, yang diinisiasi Karang Taruna SEBASA (Semangat Bangun Samawa). Lomba ini untuk merangsang masyarakat setempat agar tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu sampah yang ada dipilah untuk dijadikan bahan atau kerajinan yang bernilai ekonomis. Lomba ini juga untuk merespon adanya aspirasi masyarakat Karang Bage yang menginginkan adanya Bank Sampah. Untuk mewujudkan Bank Sampah tersebut, telah diakomodir Anggota DPRD Provinsi NTB, Sambirang Ahmadi S.Ag., M.Si yang belum lama ini menggelar reses di Karang Bage. Terlebih lagi lingkungan RW 02 Karang Bage Kelurahan Bugis mendapat bantuan roda tiga dari pemerintah kecamatan melalui kelurahan.

Kegiatan Karang Taruna SEBASA ini mendapat apresiasi dari Camat Sumbawa, Hikmawan SH didampingi Lurah Bugis Zulkarnain SAP serta ibu-ibu PKK Kecamatan yang datang melihat langsung sejumlah bak sampah hasil kreasi warga, Minggu (23/2/2020). Dalam kesempatan itu Camat berharap agar para pemuda khususnya di wilayah Kelurahan bugis mampu menjadi penggerak serta inovator dalam menanggulangi masalah sampah. “Para pemuda adalah agen perubahan, maka berinovasilah untuk kemaslahatan bersama,” kata Hikmawan akrab mantan Kasat Pol PP Sumbawa ini disapa.

Baca Juga  Berkunjung ke Pemkot Surabaya, Wagub Sharing Gagasan Rumah Bahasa

Sementara Ketua Karang Taruna Sebasa, Subakti Ramadhani menjelaskan, Lomba Pembuatan Bak Sampah ini digelar bertujuan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, di samping menjalankan program pemerintah baik kabupaten maupun propinsi yang gencar-gencarnya menjadikan daerah ini bebas sampah. Kegiatan ini juga untuk ikut menyukseskan program PKK, STBM dan Dasa Wisma. Ke depan pihaknya akan menggelar kegiatan ini lebih luas lagi serta kegiatan-kegiatan lain yang memiliki manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Hal senada diungkapkan Pembina Karang Taruna Sebasa, Zainuddin SE. Menurut Jen—sapaannya, kegiatan anak-anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna SEBASA ini patut didukung karena bernilai positif. Pasalnya selama ini Karang Bage dikesankan sebagai daerah kumuh di tengah kota. Karenanya kesan ini harus dikikis dengan melakukan langkah-langkah kongkrit. Salah satunya mewujudkan Karang Bage yang bersih. “Langkah ini sudah diawali Karang Taruna dalam upaya menggugah masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, tidak lagi membuang sampah di sungai, serta menempatkan sampah di tempatnya, dan memilah sampah menjadi barang bernilai,” tandasnya seraya menyampaikan terima kasih kepada Karang Taruna Sebasa atas inisiasinya, dan sejumlah pihak termasuk PT SJR yang telah memberikan dukungannya suksesnya kegiatan tersebut. (SR)

iklan bapenda