Beragam Karya Digelar, FIKOM Idea Exhibition Gemparkan Taman Mangga

oleh -13 views

SUMBAWA BESAR, SR (20/2/2020)

Fikom Idea Exhibition (FIE) menggemparkan Taman Mangga Kota Sumbawa Besar, Sabtu (15/2/2020) kemarin. Dengan mengusung tema “Fikom Idea Exhibition, Berani berkarya” sejumlah kegiatan digelar. Di antaranya Coaching Clinic tentang photography dan videography yang diikuti delegasi siswa SMA, SMK, dan MA se-Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang melibatkan sebanyak 50 siswa ini berlangsung sehari penuh. “Fikom Idea Exhibition, Berani berkarya” tagline ini menggambarkan tujuan yang ingin dicapai dengan terselenggaranya acara ini, agar masyarakat dapat lebih mengapresiasi tiap karya dan termotivasi untuk berkarya,” tutu Veriana Mashella selaku Ketua Pelaksana FIE 2020.

FIE yang dilaksanakan ini ungkap Veriana, bertujuan untuk mewadahi karya mahasiwa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Kegiatan ini terbilang sukses terutama membumikan media dan ilmu komunikasi di mata masyarakat. Seperti Coaching Clinic yang memberikan wawasan para peserta tentang photography dan videography. Coaching clinic sendiri merupakan kegiatan bimbingan yang bertujuan menambah pengetahuan peserta tentang suatu bidang ilmu. Materi photography dalam kegiatan coaching clinic ini diisi oleh Abimanyu Satriawansyah, sedangkan videography oleh Jaddin Izzudien. Keduanya adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa 2017. Selain materi, pada kegiatan coaching clinic juga disertai praktik langsung terkait materi yang disampaikan.

FIE juga ungkap Veriana, menggelar Talk Show, menghadirkan Pimpinan Redaksi Harian Umum Gaung NTB, Abu Sufyan Muchtar dan Anton Susilo–Content Creator yang juga Dosen UTS. Talkshow yang mengangkat tema “Media dan Ilmu Komunikasi” tersebut berlangsung seru dan interaktif. Pembicara tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga berdiskusi dengan audiens melalui tanya jawab yang kritis. Kegiatan yang berlangsung pada pukul 16.00-18.00 tersebut mengupas tuntas mulai dari dasar hingga hal paling teknis menyangkut industry atau bisnis media. “Ini kegiatan yang bermanfaat, saya salut dengan panitia yang memiliki ide menyelenggarakan acara semacam ini. Saya bisa seperti ini karena sering mengikuti kegiatan seperti ini. Selain memotivasi juga memperluas relasi,”  tutur Bang Ancus sapaan pria yang sudah 20 tahun menggeluti dunia jurnalistik ini.

Baca Juga  Salut, Penyandang Tuna Netra Dirikan Klinik Pijat Himatras

Puncak FIE yang digelar pada malam hari berlangsung meriah dan menjadi tontonan menarik masyarakat. Pasalnya di lokasi acara dilakukan pemutaran film dan pameran FIE. Tak hanya itu bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sumbawa acara puncak diawali dengan bincang hangat bersama Rektor UTS periode 2016-2020, Andy Tirta M.Sc dan Rektor UTS 2020—2024 Ir. Chairul Hudaya, ST,.M.Eng., IPM, Rektor IISBUD, Miftahul Arzak S.Ikom MA dan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, serta Kadis Kominfo Kabupaten Sumbawa serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbawa. Dari bincang hangat ini muncul harapan agar kegiatan positif tersebut bisa memotivasi jiwa kreativitas masyarakat khususnya kawula muda untuk berani berkarya.

Untuk diketahui terselenggaranya Fikom Idea Exhibition (FIE) ini berkat dukungan sejumlah pihak. Selain Dinas Dikbud Sumbawa, juga PT Dharma, Geprek Junior, Terserah Cafe, UD Kartini dan 555 Komputer, Harian Umum Gaung NTB, Kronik Sumbawa, dan Villasambava.id. (SR)

 

DPRD DPRD