257 Atlit Berlaga di Kejurda Atletik Antar Pelajar Tingkat Kabupaten Sumbawa

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (18/2/2020)

Sebanyak 257 orang atlit yang terdiri dari pelajar tingkat SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTs dan MA di Kabupaten Sumbawa mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Antar Pelajar tingkat Kabupaten, Senin (17/2). Kegiatan yang digelar di GOR Mampis Rungan Sumbawa ini dibukan secara resmi oleh Bupati Sumbawa.

DPRD

Dalam sambutannya, Bupati yang diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Drs. Zainal Abidin menyampaikan bahwa olahraga memiliki arti penting bagi upaya mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dalam setiap kegiatan olahraga terdapat dua hal yang sangat menonjol, yaitu semangat juang dan nilai-nilai sportifitas yang diyakini mampu membangun nilai-nilai positif seperti: kreatif, disiplin, tanggung jawab, proaktif, kritis, dan kompetitif dalam membangun karakter bangsa.

Dikatakan, penyelenggaraan Kejuaran Daerah Antar Pelajar merupakan salah satu wadah untuk memenuhi kebutuhan non akademis pelajar yang memiliki bakat dan minat, khususnya di bidang olahraga, yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi kesehatan jasmani pelajar sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis di sekolah. Selain itu meningkatkan prestasi pelajar di bidang olahraga. Kejuaraan Daerah Antar Pelajar juga merupakan bagian dari sistem pembinaan olahraga yang bertujuan untuk menjaring atlet berbakat dalam bidang olahraga, untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlet daerah, sehingga nantinya diproyeksikan untuk mengikuti ajang-ajang olahraga di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Baca Juga  Dua Mahasiswa UTS Terpilih Jadi Duta NTB di JPI 2020

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengajak seluruh masyarakat khususnya generasi muda untuk menjadikan olahraga sebagai trend atau bagian dari gaya hidup. “Dengan menjadikannya sebagai gaya hidup, akan membawa masyarakat Sumbawa menjadi masyarakat yang memiliki daya saing sebagai upaya kita bersama mewujudkan Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Rosmin Junaidi, S.Pt., M.Si melaporkan bahwa kejuaraan daerah antar pelajar merupakan suatu wahana bagi pelajar untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dibidang olahraga dalam rangka meningkatkan jasmani dan daya kreatifitas, sehingga dipandang perlu memprogramkan kegiataan kejuaraan daerah antar pelajar yang diselenggarakan di tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2020.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Atletik (perorangan putra/putri dengan nomor pertandingan lari 50 M, 60 M, 100 M, 200 M, 800 M, 1500 M, Lempar Lembing, Tolak Peluru, Lompat tinggi dan Lompat Jauh), Tenis Lapangan (Perorangan Putra/Putri), Sepak Takraw (Beregu Putra/Putri). Jumlah peserta sebanyak 257 orang atlit. Ia berharap pertandingan berjalan tertib, penuh disiplin dan sprotifitas yang tinggi. (SR)

 

DPRD DPRD