Pasangan Independen Rasyidi—Sudirman Serahkan 34.510 KTP ke KPU

oleh -34 views

SUMBAWA BESAR, SR (19/2/2020)

Diiringi ratib rabana, Drs. H. Rasyidi Mukhtar—Drs. H. Sudirman Malik–pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa jalur Independen, tiba di Kantor KPU Sumbawa, Rabu (19/2/2020) pukul 10.45 Wita. Dengan mengenakan pakaian adat Samawa dan diiringi Tim Sukses dari Rasyidi Center dan pendukungnya, pasangan ini menyerahkan sebanyak 34.510 KTP dukungan sebagai persyaratan maju pada Pilkada Sumbawa 2020. Kedatangannya disambut hangat Ketua KPU Sumbawa dan jajarannya serta disaksikan Kapolres Sumbawa, dan Ketua Bawaslu beserta anggota.

DPRD

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan M.Pd mengaku pasangan Rasyidi—Sudirman telah menyerahkan 34.510 KTP dukungan dan sudah melampaui batas minimal yakni 28.105 KTP sebagaimana persyaratan bakal calon perseorangan untuk maju pada Pilkada Sumbawa. Ini akan dicek kembali untuk memastikannya secara fisik baik berupa formulir dukungan, KTP, surat keterangan (Suket) hingga ada dan tidaknya tandatangan. “Beri kami waktu selama 3 hari untuk menerima dan mengembalikan berkas ini. Kami ada proses verifikasi administrasi yang dilanjutkan dengan verifikasi factual. Kami turun ke lapangan menemui langsung masyarakat pemilik KTP untuk memastikan apakah dukung atau tidak,” kata Wildan.

Rekapitulasi ini lanjut Wildan, ada dua tahap yaitu tahap di kecamatan dan kabupaten. Rekapitulasi ini nantinya yang menentukan apakah berkas atau syarat dukungan yang diajukan terpenuhi atau tidak. Setelah ini, penetapan pasangan calon pada 8 Juli 2020 diikuti dengan penarikan nomor undian. Kemudian melaksnakan kampanye selama 71 hari, tiga hari minggu tenang dan terakhir pencoblosan yang dilaksanakan pada 23 September 2020.

Baca Juga  Sekda: Hindari Intervensi, PPK Harus Profesional

Lebih jauh dikatakan Wildan, bahwa tema yang diusung pada pelaksanaan Pilkada Sumbawa ini adalah “Pandai” yaitu Partisipatif, Aman, Damai dan Berintegritas. Untuk persoalan integritas, KPU Sumbawa menjadikannya harga mati. Ini telah terbukti dengan diraihnya Predikat Terbaik II NTB untuk penyelenggara berintegritas. “Predikat ini akan kami pertahankan bahkan ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara Bakal Calon Bupati Sumbawa, Drs. H. Rasyidi Mukhtar didampingi Bakal Calon Wakil, Drs. H. Sudirman Malik mengatakan bahwa pihaknya sengaja tidak membawa massa yang banyak untuk penyerahankan berkas ke KPU. Namun Ia berharap doa dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk kemenangan pasangan ini. Ia meyakini dengan dukungan KTP melebihi jumlah persyaratan minimal, dapat menjadi rekomendasi KPU untuk menetapkan Rasyidi—Sudirman sebagai pasangan calon. (JEN/SR)

DPRD DPRD